Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
Posted: Sun Aug 25, 2013 1:41 am
Para GCrs jangan pernah sepelekan kalau indicator temperature suhu mesin naik turun sebaiknya segera cek n ricek di bengkel terdekat sebelum permasalahan besar menimpa mobil kesayangan anda seperti yang saya alami.
Permasalahan berawal pada temperature yang tidak normal sering overheat terutama saat mesin hidup posisi standby setelah dijalankan. Posisi jarum indicator temperature naik melewati garis normal, tetapi saat jalan kondisi temperature turun naik tidak stabil.
Karena jadwal pekerjaan saya yang padat saya tidak punya waktu untuk cek kondisi radiator. Parahnya lagi dalam konndisi mesin tidak fit seperti itu saya pake buat kerja dan sempat dipake 2 kali keluar kota.
Masih dalam kondisi yang sama saya paksa buat perjalanan mudik lebaran karena pekerjaan saya itu di daerah luar kota dan mudik atau pulkam nya ke kota saya pikir sekalian aja ntar cek pas pulkam kan di kota alat-alat lebih lengkap banding di daerah dan mekaniknya juga lebih ok.
karena kelalaian saya itu, saat mudik lebaran tiba-tiba di tengah perjalanan mobil mati di start ga ada kompresi terpaksa di derek sampe ke tujuan dan masuk bengkel pastinya, setelah cek mekaniknya bilang selang radiator lepas air nya habis dan piston melekat klep bengkok dan parahnya crangshaft juga bengkok mobil masuk ICU beberapa minggu di operasi turun mesin. Apes dah lebaran gak ada kendaraan, jatah buat lebaran habis dah tu kesedot buat genahin mesin.
Kini mobil selesai di operasi bubut 0.100 sama overhaul part-part yang rusak dan yang udah aus di ganti tapi onderdil yang kw yang ori susah nyarinya, ya apa boleh buat yang penting engine bisa go ajalah.
Alhamdulillah… kini mobil saya udah selesai di operasi nasehat dan saran mekanik bengkel setempat berpesan harus menjaga kestabilan air dan oli jangan sampai susut berkurang atau kering, sering mengawasi kolong-kolong mesin periksa kalau ada rembesan segera bawa ke bengkel terdekat jangan di tunda sebab waktu bubut selindernya tidak di sertakan papas atasnya, cek dan service secara berkala, kalau sering keluar kota ganti oli jangan tunggu sampai 3000km.
Nah om om GCrs semua para sesepuh dan master GCrs yang udah mahir di bagian enginering di lihat dari permasalahan yang saya alami tersebut ada beberapa hal yang menjadi uneg-uneg, apakah mobil masih bisa di andalkan buat keluar kota lagi, ada juga yang bilang kalau crankshaft udah di press kondisi mesin gak akan stabil sebab tidak 100% crankshaft bsa di luruskan, kalau mau aman mesti ganti baru apa betul om?.
Sekian sedikit cerita dari kelalaian saya yang sepele tetapi berakibat fatal, mohon pencerahan, nasehat, dan masukan, serta saran dari para om sesepuh master GCrs semua sebelumnya saya ucapkan Terimakasih.. Maturnuhun..
Permasalahan berawal pada temperature yang tidak normal sering overheat terutama saat mesin hidup posisi standby setelah dijalankan. Posisi jarum indicator temperature naik melewati garis normal, tetapi saat jalan kondisi temperature turun naik tidak stabil.
Karena jadwal pekerjaan saya yang padat saya tidak punya waktu untuk cek kondisi radiator. Parahnya lagi dalam konndisi mesin tidak fit seperti itu saya pake buat kerja dan sempat dipake 2 kali keluar kota.
Masih dalam kondisi yang sama saya paksa buat perjalanan mudik lebaran karena pekerjaan saya itu di daerah luar kota dan mudik atau pulkam nya ke kota saya pikir sekalian aja ntar cek pas pulkam kan di kota alat-alat lebih lengkap banding di daerah dan mekaniknya juga lebih ok.
karena kelalaian saya itu, saat mudik lebaran tiba-tiba di tengah perjalanan mobil mati di start ga ada kompresi terpaksa di derek sampe ke tujuan dan masuk bengkel pastinya, setelah cek mekaniknya bilang selang radiator lepas air nya habis dan piston melekat klep bengkok dan parahnya crangshaft juga bengkok mobil masuk ICU beberapa minggu di operasi turun mesin. Apes dah lebaran gak ada kendaraan, jatah buat lebaran habis dah tu kesedot buat genahin mesin.
Kini mobil selesai di operasi bubut 0.100 sama overhaul part-part yang rusak dan yang udah aus di ganti tapi onderdil yang kw yang ori susah nyarinya, ya apa boleh buat yang penting engine bisa go ajalah.
Alhamdulillah… kini mobil saya udah selesai di operasi nasehat dan saran mekanik bengkel setempat berpesan harus menjaga kestabilan air dan oli jangan sampai susut berkurang atau kering, sering mengawasi kolong-kolong mesin periksa kalau ada rembesan segera bawa ke bengkel terdekat jangan di tunda sebab waktu bubut selindernya tidak di sertakan papas atasnya, cek dan service secara berkala, kalau sering keluar kota ganti oli jangan tunggu sampai 3000km.
Nah om om GCrs semua para sesepuh dan master GCrs yang udah mahir di bagian enginering di lihat dari permasalahan yang saya alami tersebut ada beberapa hal yang menjadi uneg-uneg, apakah mobil masih bisa di andalkan buat keluar kota lagi, ada juga yang bilang kalau crankshaft udah di press kondisi mesin gak akan stabil sebab tidak 100% crankshaft bsa di luruskan, kalau mau aman mesti ganti baru apa betul om?.
Sekian sedikit cerita dari kelalaian saya yang sepele tetapi berakibat fatal, mohon pencerahan, nasehat, dan masukan, serta saran dari para om sesepuh master GCrs semua sebelumnya saya ucapkan Terimakasih.. Maturnuhun..