Page 1 of 1

indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Fri Oct 18, 2013 9:05 am
by maman
Misi om mau nanya kmrin pas tap oli ktane olinya berkurang banyak
TO : olinya kurang bnyak pas ditap
SY : msak mz
TO : indikator olinya pa gk nyala
SY : gak mz

Yang saya mau tanya knp ox indikator olinya gk nyala ya?
Mngkin om" bisa memberi pencerahan

Matur nuwun

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Sat Oct 19, 2013 9:10 am
by Ctrl_Alt_Del
pas kunci kontak di acc sebelum start nyala ga indikator olinya?

klo ga nyala bisa bohlamnya putus, kabelnya putus, oil pressure tulalit..

emang kurang brp banyak di stik oli nya?
kan ada batas atas batas bawahnya tuh..
siapa tau emang kurang dikit aja..
selama oli masih bisa ngasih pressure naek, indikator ga bakal ngasih warning..

.

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Sat Oct 19, 2013 9:17 am
by maman
Lmyan bnyak om,filter olinya bocor
Klu pas kunci on gk nyala om
Di mesin apa ada sensor buat olinya ya om?

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Sat Oct 19, 2013 10:54 am
by arozi
eh, itu indikator tanda inlet bahan bakar sudah masuk ke karbu (perasaan sih), bukan indikator oli
(perasaan) soalnya pernah dulu oli hampir kering pun tu indikator ga nyala
tapi kalo pas pagi, sebelum starter enjin terus gas dikocok, baru dah tu indikator nongol sedetik kemudian

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Sat Oct 19, 2013 12:14 pm
by maman
Jadi gk ada kayak sensor oli di mesin ya om?
Klu oli habis gk tau dong?bisa" tau" OH/ turun mesin
Tp klu oli rem hbis tu indikator di dasbord nyala om


Masih bingung

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Sun Oct 20, 2013 1:17 am
by adi_vostro
Itu bukan indikator bensin masuk ke karbu om Arozi..itu indikator oli..
indikator itu berfungsi buat tanda oli uda naik ke silinder head..jadi,,ketika posisi kontak on blm di stater,,indikator itu nyala (soalnya oli blm bergerak masih di bawah di tampungan calter oli)..nah,ketika mesin di starter,,otomatis pompa oli bekerja memompa oli (pompa oli bekerja dengan putaran mesin mengikuti putaran kruk as)..oli di pompa melalui saluran lobang2 oli yang di kruk as trus naik ke silinder head..
Mengapa indikator itu baru off setelah beberapa detik?karena switch oli berada di tengah blok mesin di atas filter oli..jadi,butuh beberapa detik setelah mesin hidup,pompa oli bekerja,oli mengalir di saluran oli sampe menyentuh switch oli..nah,ketika switch oli terkena pressure dari aliran oli,baru switch itu mati...

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Sun Oct 20, 2013 1:25 am
by adi_vostro
Kondisi normal,,indikator oli harus hidup ketika posisi kontak ON (mesin mati)..ketika di start,mesin hidup,setelah 3 detik'an baru indikator itu mati..

Kalo indikator oli mati,,bisa di cek seperti Om alt instruksikan..

1.Cek socket yg di bawah manifold intake karbu di atas filter oli,,lepas / putus
2.Kalo socket oke,nggk ada yg putus,brarti tersangka nya switch oli yg uda aus
3.Kalo setelah ganti switch masih nggk nyala,,urut kabel dari switch oli ke spedometer..sapa tau putus di tengah..(Jarang banget kejadian seperti ini)

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Sun Oct 20, 2013 8:09 am
by adeindra
mantab om vostro

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Sun Oct 20, 2013 9:21 am
by maman
Setelah aku cek kayaknya
Kabel / switch nya gak ada alias soak yang dimesin
Tutup oli rem kabel putus ( bisa dibenerin gk ya?coz putusnya mempet )
Kalo soket/switch yang dimesin beli ada gk ya om?

Re: indikator oli dimesin gak nyala

Posted: Mon Oct 21, 2013 8:42 am
by rezayolando
manteb om adi..