HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by Nawee » Tue Nov 18, 2008 7:22 am

Alat ini sangat sederhana namun sangat bermanfaat. Pada mobil sudah banyak yang pasang termasuk Mercedes Benz.

Hasil penghematan:
Baby Benz 3000 cc ‘98 dalam kota 10km/liter
Lancer GLXi luar kota 15 km/liter
Mazda interplay dalam kota 14,5 km/liter
Xenia luar kota 20km/liter


Alat ini kerjanya mirip dengan Water Injection. Pemasangan bisa dilakukan sendiri.

Cara kerjanya sama seperti HHO, tapi ini lebih simpel dan medianya bukan air melainkan pertamax. Kalo air H2O yaitu 2 atom hydrogen dan 1 atom oksigen. Sedangkan pertamax rumus kimianya C10H24 yang berarti 10 atom carbon dan 24 atom hydrogen.
Dilihat dari rumus tersebut, jelas perbedaan unsur hydrogen sangat jauh sekali. Oleh karena itu pertamax yang kita pakai.
Cara kerjanya yaitu dengan mengcrack/menguraikan uap pertamax. Unsur carbon dan hydrogen dalam uap pertamax kita pisah dengan katalis dalam suhu panas tinggi. Unsur carbonnya diikat sedangkan unsur hydrogennya kita lepaskan ke dapur pacu mesin. Sehingga dapur mesin akan kaya dengan hydrogen sebagai bahan utama pembakaran. Dengan banyaknya asupan hydrogen ke mesin, maka pembakaran akan lebih sempurna sehingga efeknya setoran BBM dari tangki dengan sendirinya akan irit.

Demikian penggambaran secara kasar alat tersebut. Nama alat itu HCSd kepanjangan dari Hydrocarbon Crack System de Hari. Penciptanya Pakde Hari dari kota gudeg

video pemasangan pada motor dan mobil. :

http://www.youtube.com/watch?v=snDfttubwUs" onclick="window.open(this.href);return false;
http://www.youtube.com/watch?v=AZmIp...eature=related" onclick="window.open(this.href);return false;
http://www.youtube.com/watch?v=7XiFS...eature=related" onclick="window.open(this.href);return false;
http://www.youtube.com/watch?v=tLdF-...eature=related" onclick="window.open(this.href);return false;

HCSd ini sudah dipakai mulai maret 2008 dan tidak ada keluhan apapun. Malah busi pd mesin yang sudah pakai HCSd ketika dibuka jauh lebih bersih. Dalam katalis juga sudah terpasang anti flashback,jadi AMAN digunakan

ISI Tabung tidak harus pakai pertamax, premium juga bisa. Pengisian pertamax pun cukup 300 cc dan tidak setiap hari isi cukup 4 hari diganti.

Alat ini bukan untuk meningkatkan oktan dan cairan yang dipakai juga pertamax/premium. Alat ini hanya untuk menambah gas hydrogen ke dapur pacu mesin. Dengan banyaknya hydrogen yg masuk maka pembakaran lebih sempurna, efeknya konsumsi fuel akan lebih hemat.

Ini gambar busi pada mesin mobil yang sudah pakai HCSd :


Sekedar info, pada HCSd ini sudah dilengkapi dengan one way valve. Sehingga tidak ada tekanan balik ke jerigen yang menyebabkan pertamax keluar. Juga sudah ada tabung reserve untuk jaga-jaga kalau pertamax keluar dari jerigen karena gonjangan


Beda pake premium yang kandungan H2-nya lebih kecil dari pertamax. Premium = C8H18 kalau pertamax C10H24. Jika pake pertamax untuk hasil yang lebih bagus lagi, pakai 2 tabung. Selang dari masing2 tabung digabung jadi 1 selang dengan sambungan T kemudian diteruskan ke katalis. Nanti terasa sekali perbedaan konsumsinya. Untuk mencari sambungan T tersedia di toko aquarium, Intake kanan disambung dengan intake kiri, kemudian ditengah-tengah sambungan dikasih T lagi. Dari T tersebut baru nyambung ke HCSd. Kemudian diteruskan sesuai dengan skema. Untuk hasil lebih maksimal bisa dengan 2 tabung. Selang dari masing2 kran kuning disambung dengan T. Dari sambungan T diteruskan ke katalis, Jadi 2 tabung tapi 1 katalis. Kran kuning serta komponen2 lain dalam tabung bisa beli ditoko aquarium dan toko besi.

Kenapa H2 dari Hydrocarbon ( premium atau pertamax ) lebih Menguntungkan ?

Anda tahu dan bisa cari rumus kimianya premium atau pertamax ? anda bisa cari di internet dengan search gasoline chemical formula / blended gasoline Premium rumus kimianya adalah C8H18 Pertamax rumusnya C10H24 .Mari kita lihat premium atau C8H18 jika di crack atau diurai atomnya 8 Carbon dan 18 atom hydrogen (H2) , apabila H2O (air) di pecah atomnya dengan elektrolisa adalah oksigen 1 atom dan H2 2 atom, sehingga untuk menyamai atom premium anda harus kalikan 9 kali H2O yang dielektrolisa atau dengan cara menaikan arus dc elektrolisa sampai 9 kali, contoh jika sebuah hydrogen elektrolisa 3 amper sudah menghasilkan gelembung hydrogen (H2) maka 3X9=27 amper elektrolisa tadi hasil hydrogen nya baru bisa menyerupai H18
Dengan alasan sumber listrik pada kendaran tidak cukup memadai apabila di ambil arus sampai 27amper maka gas hydrogen dengan cracking Premium dan atau pertamax lebih efisien dan tidak mahal, memang cara ini tidak merupakan penghemat dengan cara non fosil fuel supelmen tetapi untuk trik penghemat bbm pada saat ini akan lebih nyata2 menguntungkan. HCSd gak pake listrik.

Suplay BBM setelah pakai alat ini tidak dicekek. Bahkan kita tidak perlu otak-atik stelan mesin. Penghematan BBM setelah memakai HCSd ini terjadi karena hanya dengan menginjak pedal gas sedikit saja, power kendaraan sudah naik significant. Hal ini terjadi karena HCSd menambah H2 ke dapur pacu. Bukankah dengan mengurangi injakkan pedal gas konsumsi BBM lebih hemat ?

ECU pada mobil gak perlu diotak-atik karena pada HCSd sudah ada tambahan air mixture (kran warna kuning). Air mixture ini manfaatnya untuk tipu-tipu ECU
Dan memang dalam paket juga sudah ada petunjuk pemasangan disertai gambar ilustrasi.

bensin ngucur sesuai spuyer. Namun dengan HCSd ini bensin gak kebuang percuma. Misal begini, kita injak pedal dikit mobil udah meluncur katakanlah 20 km/jam. Dengan menambah alat ini mobil meluncur 25 km/jam dengan injakan yang sama. Disinilah terjadi penghematan BBM. Dan pembakaran yang dihasilkan lebih sempurna, ini berefek baik pada mesin.

Pengalaman orang2 yang pasang HCSd di mobilnya mengatakan bahwa setelah mobil dipasang HCSd penghematan lebih terasa, lebih bertenaga dan suara mesin lebih halus. Ini riil.

Tabung cukup diisi 300cc pertamax. Kalau menurut pengalaman pertamax dalam tabung tidak habis, kecuali buka krannya terlalu kegedean. Kan yang diambil uapnya. Kran tabung dibuka sedikit saja agar gelembung yang muncul kira2 10-15 gelembung/detik. Kalau sudah 4 hari pertamax dalam tabung perlu diganti karena nilai oktannya turun (sudah hambar).

Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by Nawee » Tue Nov 18, 2008 7:26 am

Gila bener nih alat... manstab bgt... saia dah pasang di 4x4... :) :) :)
akselerasi & torsi dapet loh... brg yg simpel tp hasilna ok...
very very worthed...

sapa yg nyusul... :mrgreen: :mrgreen:

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by onta » Tue Nov 18, 2008 7:52 am

Cm sayangnya pas konfirm ke yg punya ide, dia ga percaya ma gw. Dikira mau digandain. Ga percaya ma org2 yg DIY huehuehue

Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by Nawee » Tue Nov 18, 2008 8:07 am

onta wrote:Cm sayangnya pas konfirm ke yg punya ide, dia ga percaya ma gw. Dikira mau digandain. Ga percaya ma org2 yg DIY huehuehue
:lol: :lol: :lol: :lol: karakter org indonesia... tukang bajak yah om onta...

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by meneer » Tue Nov 18, 2008 8:31 am

dc reportnya ko blom ada om iwan? ;)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by Nawee » Tue Nov 18, 2008 4:33 pm

tenang om, mo dituning ulang karbna... RPM tengah ampe atas msh ketahan mo dnaekin lg stelanna... PP jakarta-Bandung dr t4 baduy minggu kmrn speed rata2 120 km/jam FCna 1:11... manstab nih wat 4x4... itu blm pasang HCSd loh... :) :) :) :)

nanti stlh tuning karb + HCSd... mari kita itung ulang FCna... :D :D :D

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by Kurniawan dicky » Wed Nov 19, 2008 7:34 am

Baiklah kalo begitu... ditunggu info selanjutnya... HCSd nya brp duid?

Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by Nawee » Wed Nov 19, 2008 8:53 am

mure koq om 250rb... pdhl alatna simpel bgt... yah itung2 biaya riset...
:D :D :D
sabar yah om dicky kamis besok tuning ulang karbna di ERC (Master tuning karb nih) bener2 edun hasilna... :) :) :) :)

User avatar
batman
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 812
Joined: Thu Jul 24, 2008 4:19 pm
Location: @#$ macet nya Jakarta..

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by batman » Wed Nov 19, 2008 10:41 am

wah ok juga neh alat..di tunggu reportna dari hasil kalibrasi ulang untuk FC GCna om..dan efek samping om...

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: HCSd (Hidrogen Crack System de Hari)

Post by onta » Wed Nov 19, 2008 2:57 pm

kemarin sempet tanya dehari yg aspal alias abal2 dc 285 dah include ongkir.
tapi ga manteb klo bukan karya creator.
salah gw nanya isine heater seh, ta tanya itu nickel apa zeolith :D

Post Reply