Page 1 of 5

tanya about knalpot

Posted: Sun May 04, 2014 11:06 pm
by adiet_playday
Sebenarnya bingung om, ngubek2 thread, coba cari tentang knalpot ga ad, akhirnya ane post di exterior aj, huehehe.
Jd gini, sbenernya klo gnti muffler itu mesti ganti header jg ga ?
Mohon penjelasannya para suhu sekalian.
Note: klo udh prnh dibahas, monggo dibantu link nya biar ane bisa nyimak om , hehe

Re: tanya about knalpot

Posted: Mon May 05, 2014 8:14 am
by adeindra
apakah mesin sudah ada perubahan besar om?

tujuannya ganti muffler untuk performance atau biar bersuara aje?

tidak harus ganti header kok

walau saya pernah di gc mesin standar saya hanya ganti header doang tanpa muffler lumayan berpengaruh ke tarikan mesin

Re: tanya about knalpot

Posted: Mon May 05, 2014 12:21 pm
by Lebut_MCC
Skalian nimbrung om, LX sya : engine standard header standard trus pake 1 tabung kapsul yg depan sisanx los pipa n blakang cuman make moncong (ujung knalpot), yg jdi pertanyaan sya, apa bisa efek ma piston n ring nya kira2 ya cepet di buat kalah??
Tarikan emang lebih ringan tp was2 jga dibuat om..

Re: tanya about knalpot

Posted: Mon May 05, 2014 2:16 pm
by adeindra
Lebut_MCC wrote:Skalian nimbrung om, LX sya : engine standard header standard trus pake 1 tabung kapsul yg depan sisanx los pipa n blakang cuman make moncong (ujung knalpot), yg jdi pertanyaan sya, apa bisa efek ma piston n ring nya kira2 ya cepet di buat kalah??
Tarikan emang lebih ringan tp was2 jga dibuat om..
coba jawab walau engga terlalu yakin

engga papa deh.. tanpa adanya mufller dan resonator 1 lagi memang akan berasa tarikan ringan pas putaran bawa rpm... tapi pas putaran tinggi pasti kurang yahut.. karena back pressure yang dibutuhkan oleh mesin kurang

CMIIW

Re: tanya about knalpot

Posted: Mon May 05, 2014 8:19 pm
by adiet_playday
adeindra wrote:apakah mesin sudah ada perubahan besar om?

tujuannya ganti muffler untuk performance atau biar bersuara aje?

tidak harus ganti header kok

walau saya pernah di gc mesin standar saya hanya ganti header doang tanpa muffler lumayan berpengaruh ke tarikan mesin
mesin msh standart ting2 om, tujuannya biar bersuara aj, syukur2 klo tarikan lbh ringan. Sama satu lg nih om, sbnrnya fungsi header itu sndiri buat ap sih om ? maklum ... nubie banyak nanya :D

Re: tanya about knalpot

Posted: Mon May 05, 2014 8:58 pm
by adeindra
Header buat kolekting gas buang yang datang darilubang keluar mesin. Kalo kayak mobil kita 4 silinder ya pipanyajadi 4 yang akhirnyw jadi 1 ke arah knalpot

Re: tanya about knalpot

Posted: Mon May 05, 2014 9:10 pm
by Lebut_MCC
adeindra wrote:
Lebut_MCC wrote:Skalian nimbrung om, LX sya : engine standard header standard trus pake 1 tabung kapsul yg depan sisanx los pipa n blakang cuman make moncong (ujung knalpot), yg jdi pertanyaan sya, apa bisa efek ma piston n ring nya kira2 ya cepet di buat kalah??
Tarikan emang lebih ringan tp was2 jga dibuat om..
coba jawab walau engga terlalu yakin

engga papa deh.. tanpa adanya mufller dan resonator 1 lagi memang akan berasa tarikan ringan pas putaran bawa rpm... tapi pas putaran tinggi pasti kurang yahut.. karena back pressure yang dibutuhkan oleh mesin kurang

CMIIW


Klo untuk back presure udah sya gantikan dengan HCS. HCS tersebut yang sya kejar bukan iritnya tp tenaga tambahan dari gas yang dihasilkan HCS om, gmna menurut om??

Re: tanya about knalpot

Posted: Mon May 05, 2014 10:44 pm
by adiet_playday
adeindra wrote:Header buat kolekting gas buang yang datang darilubang keluar mesin. Kalo kayak mobil kita 4 silinder ya pipanyajadi 4 yang akhirnyw jadi 1 ke arah knalpot
oh gitu, bru ngerti nih om, berarti klo mau gnti header, pake header 4-1 itu ya ?
makasih penjelasannya om :)

Re: tanya about knalpot

Posted: Tue May 06, 2014 7:15 am
by adeindra
@lebut: waduh engga ngerti... HCS kan disemprotkan ke intake.. Sementara back pressure datang dari outtake... Agak bingugn saya menghubungkannya

@adiiet: mobil kita kan udah header 41 dari pabrikannya om.
Mau ganti 421 or 41 tergantung kebutuhan

Re: tanya about knalpot

Posted: Tue May 06, 2014 4:18 pm
by adiet_playday
adeindra wrote:@lebut: waduh engga ngerti... HCS kan disemprotkan ke intake.. Sementara back pressure datang dari outtake... Agak bingugn saya menghubungkannya

@adiiet: mobil kita kan udah header 41 dari pabrikannya om.
Mau ganti 421 or 41 tergantung kebutuhan
ohh ... jd trgntung kebutuhan aj yaa om klo mau gnti yg 41 atau 421. oke deh om ... terima kasih banyak atas penjelasannya om :D