Page 1 of 2

masih seputar temperatur

Posted: Sun Jan 25, 2015 10:27 pm
by mahesa
GC junior sharing kpd para senior sekaLigus mohon bimbingan pencerahan:
Om, GC sy duLu pernah mati kipas radiatornya. Trs di ganti pny ori Genio, meskipun berisik, tp msh berhembus kencang sampai saat ini.
Sy domisiLi Sragen, satu minggu yg LaLu sy bw ke Jogja, sampai Jogja temperatur tiba-tiba naik dan tabung reservoir bLuLk....bLuLk....dan air radiator terkuras habis.
Ternyata kipas AC (samping kipas radiator,maaf kL saLah sebut) mati tk berputar. SeteLah dingin, dan radiator kembaLi sy isi air, sy meLanjutkan perjaLanan puLang ke sragen. Sampai kLaten, tiba-tiba bunyi "bLak", dan sy pun menepi. Dan tiba-tiba mesin mati. SeteLah sy buka kap mesin, air di reservoir habis dan air di radiatorpun demikian.
Singkat cerita, tiap sy bawa keLuar GC sy, sy hrs nambah air di radiator. Kipas AC sudah berputar kembaLi dan Sy check aLur seLang jg tdk ada tanda-tanda bocor.
Penyakit apakah gerangan yang menimpa GC sy, dan soLusi ap yg harus segera sy Laksanakan?
Trmksh om-om senior


#maLu bertanya, sesat di kamar
°˚˚°°˚˚°
.  =)) " hahaha  =)) "
ζ‍‍√ hahaha ζ‍‍√ .
( \" hahaha ( \"
 :D

Re: masih seputar temperatur

Posted: Mon Jan 26, 2015 6:38 am
by Budi_Mahendra
Gunakan fasilitas search om,, dah banyak kok thread yg bahas ini..

Coba jawab ya, maap kl salah. Bisa dicek headnya om, sapa tau melenting,,jd hrs dipapas biar rata lagi n rapet lagi,, salah satu cara ngeceknya bisa buka tutup radiator kemudian start mesin dg kondisi radiator tanpa tutup, kalo ada air yg muncrat dr lubang pengisian air radiator brrti emng perlu papas head tuh.

Re: masih seputar temperatur

Posted: Mon Jan 26, 2015 10:56 am
by adeindra
waduh ngeri banget kalo mesin tiba2 mati

emang indikator panas mesin di speedo engga keliatan kalo itu mesin kepanasan atau overheat om?

apa yang om tadi ceritakan sih tanda2 mesin overheat karen kipas pendingin mesin salah satunay tidak bekerja.. dan om tetep bawa mobil itu padahal seharusnya untuk pendinginan mesin bekerja optimal, kedua kipas harus bekerja

bener kata om budi... yang jelas yang utama harus dilakukan ya cari tau kenapa tuh kipas mati.. diganti or cek perkabelannya...
dan lakukan langkah yang disarankan om budi..
mudah2an aje mesin aman jadi hanya ganti kipas aja

Re: masih seputar temperatur

Posted: Mon Jan 26, 2015 12:28 pm
by mahesa
Budi_Mahendra wrote:Gunakan fasilitas search om,, dah banyak kok thread yg bahas ini..

Coba jawab ya, maap kl salah. Bisa dicek headnya om, sapa tau melenting,,jd hrs dipapas biar rata lagi n rapet lagi,, salah satu cara ngeceknya bisa buka tutup radiator kemudian start mesin dg kondisi radiator tanpa tutup, kalo ada air yg muncrat dr lubang pengisian air radiator brrti emng perlu papas head tuh.
Siap om Budi, #deg-degan kL emang bener head'nya :D
Kmrn jg prnh nimbrung thread radiator kug om Budi, biar tmbh fokus aj permasaLahan yg ada d GC sy.
"̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇

Re: masih seputar temperatur

Posted: Mon Jan 26, 2015 12:32 pm
by mahesa
adeindra wrote:waduh ngeri banget kalo mesin tiba2 mati

emang indikator panas mesin di speedo engga keliatan kalo itu mesin kepanasan atau overheat om?

apa yang om tadi ceritakan sih tanda2 mesin overheat karen kipas pendingin mesin salah satunay tidak bekerja.. dan om tetep bawa mobil itu padahal seharusnya untuk pendinginan mesin bekerja optimal, kedua kipas harus bekerja

bener kata om budi... yang jelas yang utama harus dilakukan ya cari tau kenapa tuh kipas mati.. diganti or cek perkabelannya...
dan lakukan langkah yang disarankan om budi..
mudah2an aje mesin aman jadi hanya ganti kipas aja
Indikator nyaLa Opa, cm waktu itu pgn cari pom bensin yg enak buat istirahat. BLm sampe t4 yg diinginkan, trs Lsg bunyi bLak, tu2p reservoir buka dg sendirinya.
Skrg posisi kipasnya dah nyaLa Opa, tp tiap sy bw hrs isi radiator, dan seteLah jLn agak jauh temperatur kembaLi naik.
Smg sj bukan head'nya (آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْن )

Re: masih seputar temperatur

Posted: Tue Jan 27, 2015 12:24 am
by Pa'de Gung
Besar kemungkinan air masuk ruang bakar/ packing gasket bocor.
Kompresi mesin masuk ke radiator..sehingga air terdorong ke reservoir dan mendidih..

Re: masih seputar temperatur

Posted: Tue Jan 27, 2015 9:01 pm
by mahesa
Pa'de Gung wrote:Besar kemungkinan air masuk ruang bakar/ packing gasket bocor.
Kompresi mesin masuk ke radiator..sehingga air terdorong ke reservoir dan mendidih..
Bagi no tLf pakdhe, kL sdh ada dana sy meLuncur ke Ngawi.
MakLum, beLi GC msh kerjasama dg B*I, jd mikir angsuran dL, br reparasi.
Haha

Re: masih seputar temperatur

Posted: Tue Jan 27, 2015 9:14 pm
by tavaz
Ikut share om...gc sy dl juga gitu om...setelah konsul sana sini ternyata cm ganti perpak silindercop...setelah diganti sampai skrg lancar jaya om....buat perjalanan jauh temperatur normal & air direservoir jg jarang ngisi....smoga bermanfaat om mahesa...

Re: masih seputar temperatur

Posted: Thu Jan 29, 2015 5:08 pm
by mahesa
tavaz wrote:Ikut share om...gc sy dl juga gitu om...setelah konsul sana sini ternyata cm ganti perpak silindercop...setelah diganti sampai skrg lancar jaya om....buat perjalanan jauh temperatur normal & air direservoir jg jarang ngisi....smoga bermanfaat om mahesa...
Mksh om Tavaz, untuk sementara ini anaLisa Pakdhe Gung yg mendekati. Karena seteLah sy check dg menyaLakan mesin dan membuka tu2p radiator, tdk ada air muncrat dr Lubang radiator. Dan sy Lihat ke bawah, ternyata ada air menetes di dekat tutup radiator bawah. Apakah itu benar perpak gasket yg bermasaLah, atau ada anaLisa Lain suhu?
Mohon pencerahan Lagi.
MaLu bertanya, sesat dikamar
..┼┼aa┼┼aa..=D┼┼aa┼┼aa..

Re: masih seputar temperatur

Posted: Fri Jan 30, 2015 7:59 am
by adeindra
ya kalo ada aer netes dari radiator ya segera servis dulu om