Air Radiator Wonder Kehabisan ...
Posted: Tue Jan 27, 2009 10:43 am
Pagi Rekan2 ...
Saya di surabaya ... mau konsultasi ...
Saya punya civic Wonder tahun 1985, sebelum mudik saya tune-up, kemarin waktu mudik mesin tiba2 langsung mati ... [saya lihat di temperatur ternyata mentok atas] ... saya buka kap ... ternyata mesin berasap ... lalu saya siram pakai air sambil nunggu dingin ... setelah jalan beberapa kilometer temperatur hampir mentok lagi, lalu saya minggir nunggu dingin, saya cek ternyata air radiator habis ... [padahal sebelum berangkat air di cadangan radiator masih ada isinya separuh lebih, setelah mogok airnya tetep segitu dan dingin berarti tangki cadangan tidak jalan] lalu saya isi sampai penuh dan saya lanjutkan perjalanan lagi, lalu muncul gejala2 seperti :
a. Mesin gak stationer ... jadi rasanya seperti ginjal2 ... kalau gas dilepas langsung mati [setelan gas saya besarkan biar tidak mati]
b. Kalau gas agak besar suaranya : plak .. plak ... plak ... plak ... plak ... plak ...
c. Tiap +/- 10 km air radiator habis, biar bisa sampai rumah maka tiap 10 km saya berhenti isi air radiator lagi ...
d. saya buka tutu Oli ... ada lendir seperti kopi susu ...
e. waktu mesin nyala ... saya buka radiator airnya muncrat.
Kemudian saya tanya ke bengkel deket rumah katanya silindernya mulet harus di scrap ke tukang bubut.
Yang mau saya tanyakan ke rekan-rekan adalah :
1. Gejala apa pada mobil saya, apa benar silinder headnya mulet. apa dengan di scrap bisa kembali normal, atau harus ganti baru [kira2 berapa harganya].
2. Apa Stang, ring seker dan seker bisa kena akibat kejadian di atas.
3. Apa saya yang perlu di ganti agar mobil saya menjadi normal kembali seperti semula [Sebagai perkiraan biayanya]
Terima kasih.
Saya di surabaya ... mau konsultasi ...
Saya punya civic Wonder tahun 1985, sebelum mudik saya tune-up, kemarin waktu mudik mesin tiba2 langsung mati ... [saya lihat di temperatur ternyata mentok atas] ... saya buka kap ... ternyata mesin berasap ... lalu saya siram pakai air sambil nunggu dingin ... setelah jalan beberapa kilometer temperatur hampir mentok lagi, lalu saya minggir nunggu dingin, saya cek ternyata air radiator habis ... [padahal sebelum berangkat air di cadangan radiator masih ada isinya separuh lebih, setelah mogok airnya tetep segitu dan dingin berarti tangki cadangan tidak jalan] lalu saya isi sampai penuh dan saya lanjutkan perjalanan lagi, lalu muncul gejala2 seperti :
a. Mesin gak stationer ... jadi rasanya seperti ginjal2 ... kalau gas dilepas langsung mati [setelan gas saya besarkan biar tidak mati]
b. Kalau gas agak besar suaranya : plak .. plak ... plak ... plak ... plak ... plak ...
c. Tiap +/- 10 km air radiator habis, biar bisa sampai rumah maka tiap 10 km saya berhenti isi air radiator lagi ...
d. saya buka tutu Oli ... ada lendir seperti kopi susu ...
e. waktu mesin nyala ... saya buka radiator airnya muncrat.
Kemudian saya tanya ke bengkel deket rumah katanya silindernya mulet harus di scrap ke tukang bubut.
Yang mau saya tanyakan ke rekan-rekan adalah :
1. Gejala apa pada mobil saya, apa benar silinder headnya mulet. apa dengan di scrap bisa kembali normal, atau harus ganti baru [kira2 berapa harganya].
2. Apa Stang, ring seker dan seker bisa kena akibat kejadian di atas.
3. Apa saya yang perlu di ganti agar mobil saya menjadi normal kembali seperti semula [Sebagai perkiraan biayanya]
Terima kasih.