WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
Permisi om" semua suhu GC'ers..
Sesuai dengan judul maaf nih mau tanya mengenai sistem pengereman berikut kronologisnya :
1. Pada kondisi mesin dingin (posisi mobil dalam keadaan mati misalkan pagi hari) mobil masih bisa didorong karena posisi garasi agak menurun atau tidak rata dengan kata lain mobil tidak ngerem dan kondisi pijakan rem lumayan dalam.
2. Apabila mobil dipanasin + dipake jalan sekitar 10menit tarikan mesin menjadi berat (seperti melaju di jalan menanjak) dan pijakan rem juga menjadi dangkal hanya dengan sedikit pijakan langsung ngerem tuh mobil.
3. Pada jalan yang sedikit menurun mesin dimatikan dan tidak dalam kondisi pake rem tangan.
4. Setelah cek sana sini akhirnya inisiatif coba dorong mobil dan benar saja mobil berat banget ketika didorong padahal mobil berada di jalan yg sedikit menurun dan pada disc brake juga lumayan panas.
Yang jadi pertanyaan kenapa ya pada kondisi mobil sudah panas mobil jadi ngerem terus dan pijakan rem menjadi dangkal?tapi kalo sudah dingin kondisinya jadi normal kembali dan pijakan rem pun menjadi dalam?
Terimakasih sebelumnya para suhu GC.com
Sesuai dengan judul maaf nih mau tanya mengenai sistem pengereman berikut kronologisnya :
1. Pada kondisi mesin dingin (posisi mobil dalam keadaan mati misalkan pagi hari) mobil masih bisa didorong karena posisi garasi agak menurun atau tidak rata dengan kata lain mobil tidak ngerem dan kondisi pijakan rem lumayan dalam.
2. Apabila mobil dipanasin + dipake jalan sekitar 10menit tarikan mesin menjadi berat (seperti melaju di jalan menanjak) dan pijakan rem juga menjadi dangkal hanya dengan sedikit pijakan langsung ngerem tuh mobil.
3. Pada jalan yang sedikit menurun mesin dimatikan dan tidak dalam kondisi pake rem tangan.
4. Setelah cek sana sini akhirnya inisiatif coba dorong mobil dan benar saja mobil berat banget ketika didorong padahal mobil berada di jalan yg sedikit menurun dan pada disc brake juga lumayan panas.
Yang jadi pertanyaan kenapa ya pada kondisi mobil sudah panas mobil jadi ngerem terus dan pijakan rem menjadi dangkal?tapi kalo sudah dingin kondisinya jadi normal kembali dan pijakan rem pun menjadi dalam?
Terimakasih sebelumnya para suhu GC.com
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
Waduh... Kasus nya aneh juga om...
Setau saya, rem sama mesin hanya terhubung slang vacuum yg ke booster rem. mungkin booster remnya bermasalah om.
Setau saya, rem sama mesin hanya terhubung slang vacuum yg ke booster rem. mungkin booster remnya bermasalah om.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
Sepertinya salah kamar ni...::D
Wah...belum pernah ada kasus seperti ini. Karena ga ada hubungan antara suhu mesin dan rem.
Mingkin panas pada rem itu sendiri masalahnya.
Coba panaskan mesin tanpa mejalankan mobil... apakah bermasalah juga..?
Wah...belum pernah ada kasus seperti ini. Karena ga ada hubungan antara suhu mesin dan rem.
Mingkin panas pada rem itu sendiri masalahnya.
Coba panaskan mesin tanpa mejalankan mobil... apakah bermasalah juga..?
Re: WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
Saya pindahkan letak pertanyaan ini ke resources yang bahas kaki2 ya
Mungkin perlu di cek semua remnya..
Siapa tau kalo die panas besinya memuai dan jadi nekan kampas remnya?
Atau bener kata om diki mungkin boster rem yang bermasalah
Mungkin perlu di cek semua remnya..
Siapa tau kalo die panas besinya memuai dan jadi nekan kampas remnya?
Atau bener kata om diki mungkin boster rem yang bermasalah
- saiful
- GC Enthusiast
- Posts: 540
- Joined: Mon Oct 29, 2012 3:16 pm
- Location: Gurah-Kediri-Jawatimur
- Contact:
Re: WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
Kayaknya kampas rem dg disc brake/tromol terlalu deket deh,sehingga ada gesekan kalo jalan, otomatis lama lama panas, besi memuai..macet deh .. Pedal rem jg jd dangkal akibat tromol/disc brake yg memuai.. Cb di panasin mesin aja om,tp mobil posisi diam jgn di pakai jalan.. Kira kira ada pengaruh gak dg Rem..
Re: WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
Sy jg prnah ngalami om,tindakan bengkel sy buka booster rem,biasanya kotor/bnyak endapan yg membuat g lancar aliran oli skalian cek seal2nya
Kalo yg bwh d cek kelancaran slang2nya..kampas dan piston (maaf kalo salah sebut)...kalo piston udh berkarat mending ganti saja, drpd was2...
Sampe skrg gandci sy aman..lancar
Kalo yg bwh d cek kelancaran slang2nya..kampas dan piston (maaf kalo salah sebut)...kalo piston udh berkarat mending ganti saja, drpd was2...
Sampe skrg gandci sy aman..lancar
Last edited by samdo on Wed Feb 05, 2014 1:59 pm, edited 1 time in total.
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
Kalo saya pernah alami, saat dibawa jalan agak jauh, mobil terasa berat (agak nahan). Lalu pas jalan gak rata bunyi grutuk-grutuk, rupanya velg depan panas hingga baut roda longgar. Setelah nunggu adem bongkar rem, ternyata piston rem macet karena berkarat.
Re: WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
Waduh makasih banyak nih om om semua jadi banyak pencerahan..kyaknya emank rem yg harus di cek satu persatu y...hihihi jadi malu salah kamar nihh
-
- GC Whore
- Posts: 3330
- Joined: Tue Sep 22, 2009 12:57 pm
Re: WTA : Jika mesin panas, posisi ban jadi nge'rem
saya pernah ngalamin hal ini om ,pas dicek ternyata selang rem di ruang roda macet, pas ntu diganti pas selang rem mitsu t120ss gocap alhamdulillah beres