GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
- Jhon_iRachmad_i
- GC Noob
- Posts: 180
- Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
- Location: Palembang
- Contact:
GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
Permisi om momod dan para om suhu...
mohon masukany dan bimbingannya om2 sesepuh GC.COM
serta ditunggu shering pengalamanya...
langsung aja om, sy ada rencana mo ganti baut roda std GC (yg di tromol dan disk break) dengan baut roda yg panjangan sikit. Soale kl skrg (baut roda std GC) kl di pake spicer itu keliatan mur ( baut yg cewek CMIIW) pengikat velg dgn tromol roda cm masuknya sedikit, takut gak kuat.
Yg jadi pertanyaan, kira2 berbahaya gak pakek baut panjang di roda trus di pasang spicer yg rada tebel? dan ada pengaruh dengan kesetabilan, kenyamanan dan kekuatan roda saat lari2 kecil?
pakek spicer yg agak tebel itu karena off set velg terlalu masuk k dlm fender, kl gak pakek spicer keliatan aneh, kyk besar bodi dr kaki.
Pertanyaan kedua, lebih aman mana antara mengubah lubang baut PCD di velg atw ubah baut di tromol/disk break?
Makasih sebelumnya om2 dan suhu2...
mohon masukany dan bimbingannya om2 sesepuh GC.COM
serta ditunggu shering pengalamanya...
langsung aja om, sy ada rencana mo ganti baut roda std GC (yg di tromol dan disk break) dengan baut roda yg panjangan sikit. Soale kl skrg (baut roda std GC) kl di pake spicer itu keliatan mur ( baut yg cewek CMIIW) pengikat velg dgn tromol roda cm masuknya sedikit, takut gak kuat.
Yg jadi pertanyaan, kira2 berbahaya gak pakek baut panjang di roda trus di pasang spicer yg rada tebel? dan ada pengaruh dengan kesetabilan, kenyamanan dan kekuatan roda saat lari2 kecil?
pakek spicer yg agak tebel itu karena off set velg terlalu masuk k dlm fender, kl gak pakek spicer keliatan aneh, kyk besar bodi dr kaki.
Pertanyaan kedua, lebih aman mana antara mengubah lubang baut PCD di velg atw ubah baut di tromol/disk break?
Makasih sebelumnya om2 dan suhu2...
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
#Pertama:
Yg perlu di pertimbangkan saat pasang speacer tebal adalah, bahwa tumpuhan roda sepenuhnya ditanggung oleh 4 baut itu.
Sedangkan design aslinya...lubang tengah velg ngeplak lingkar poros nap roda. Sehingga tupuhan roda langsung ke nap itu.
Dgn begitu jelas bahwa ini akan mempengaruhi kenyamanan, walaupun tidak signifikan.
Dari segi keamanan jelas tanpa speacer lebih aman.
#kedua:
Baut roda mempunyai gerigi pada pangkalnya...ini sulit ditiru. Mungkin harus di las mati dg nap supaya ga ikut muter saat ngencangkan/ membuka baut roda.
Pertimbangan kedua...seberapa presisi lubang ato baut yg di buat/pindah. Tergantung kemampuan bengkel.
Yg perlu di pertimbangkan saat pasang speacer tebal adalah, bahwa tumpuhan roda sepenuhnya ditanggung oleh 4 baut itu.
Sedangkan design aslinya...lubang tengah velg ngeplak lingkar poros nap roda. Sehingga tupuhan roda langsung ke nap itu.
Dgn begitu jelas bahwa ini akan mempengaruhi kenyamanan, walaupun tidak signifikan.
Dari segi keamanan jelas tanpa speacer lebih aman.
#kedua:
Baut roda mempunyai gerigi pada pangkalnya...ini sulit ditiru. Mungkin harus di las mati dg nap supaya ga ikut muter saat ngencangkan/ membuka baut roda.
Pertimbangan kedua...seberapa presisi lubang ato baut yg di buat/pindah. Tergantung kemampuan bengkel.
- Jhon_iRachmad_i
- GC Noob
- Posts: 180
- Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
- Location: Palembang
- Contact:
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
ya...ya... paham maksudnya. makasih suhu pakde pencerahanya...Pa'de Gung wrote:#Pertama:
Yg perlu di pertimbangkan saat pasang speacer tebal adalah, bahwa tumpuhan roda sepenuhnya ditanggung oleh 4 baut itu.
Sedangkan design aslinya...lubang tengah velg ngeplak lingkar poros nap roda. Sehingga tupuhan roda langsung ke nap itu.
Dgn begitu jelas bahwa ini akan mempengaruhi kenyamanan, walaupun tidak signifikan.
Dari segi keamanan jelas tanpa speacer lebih aman.
#kedua:
Baut roda mempunyai gerigi pada pangkalnya...ini sulit ditiru. Mungkin harus di las mati dg nap supaya ga ikut muter saat ngencangkan/ membuka baut roda.
Pertimbangan kedua...seberapa presisi lubang ato baut yg di buat/pindah. Tergantung kemampuan bengkel.
Nambah satu lg pertanyaan boleh ya suhu,,,
misal salah drat/ulir di baut roda rusak atw dol, dan harus ganti baru tu baut. Gigi suri yang ada di topping baut itu sifanya universal gak, maksute dgn ukuran mur yg sama tp punya mbl jenis lain bisa pas gak ke GC untuk baut rodanya?
(masih tetep moganti baut roda yg lbh panjang)
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
Setau saya universal om... Bisa saja ganti yg lebih panjang. Yg penting cari yg drat ulirnya sama. Gampangnya bawa satu mur buat nyoba cocok tidaknya drat itu.
Oh ya...untuk speacer, kalo mau lebih bagus bikin speacer sendiri yg lebih nyatu dengan velg dan ngeplak dg nap. Tp ini mungkin ga murah.
Oh ya...untuk speacer, kalo mau lebih bagus bikin speacer sendiri yg lebih nyatu dengan velg dan ngeplak dg nap. Tp ini mungkin ga murah.
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
Boleh tau pake velg apa dan spek velg lebar dan offset om?
Kalo mau ganti baut yang panjangan ya emang harus yang bagus kualitasnya kayak baja gitu ya.. biar kaga mudah patah
Kalo mau pake spacer.. sebaiknya pake istilahnya spacer nok yang bikin dibtukang bubut jadi bukan spacer universal.. sehinga sesuai masukan dari pakdegung.. bener velg duduk dengan baik di poros nap roda
Googling deh gambar namanya spacer nok atau center ring nok.. biar kalo belum pernah liat jadi terbayang
Kemudian saya pernah dibilangin.. kalau sebaiknya baut masuk full ke mur.. kalo sampe baut hanya setengah or engga sampe seluruh mur masuk.. bahaya takut kekuatan berkurang
Kalo mau ganti baut yang panjangan ya emang harus yang bagus kualitasnya kayak baja gitu ya.. biar kaga mudah patah
Kalo mau pake spacer.. sebaiknya pake istilahnya spacer nok yang bikin dibtukang bubut jadi bukan spacer universal.. sehinga sesuai masukan dari pakdegung.. bener velg duduk dengan baik di poros nap roda
Googling deh gambar namanya spacer nok atau center ring nok.. biar kalo belum pernah liat jadi terbayang
Kemudian saya pernah dibilangin.. kalau sebaiknya baut masuk full ke mur.. kalo sampe baut hanya setengah or engga sampe seluruh mur masuk.. bahaya takut kekuatan berkurang
- Jhon_iRachmad_i
- GC Noob
- Posts: 180
- Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
- Location: Palembang
- Contact:
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
[quote="adeindra"]Boleh tau pake velg apa dan spek velg lebar dan offset om?
Cuma Pakek velg oem audi opa, ring 15 lebar kl gak salah 6,5. Udah di ubah pcd 4h100.
Kemaren sempet galau mo di ubah baut yg d nap roda jd 5 baut atw lubang baut d velg.
Siap pakde dan opa ade. Mo googling dl speacer nap itu gimana. Mudah2 tukang bubut langganan bisa buatnya....hee
Cuma Pakek velg oem audi opa, ring 15 lebar kl gak salah 6,5. Udah di ubah pcd 4h100.
Kemaren sempet galau mo di ubah baut yg d nap roda jd 5 baut atw lubang baut d velg.
Siap pakde dan opa ade. Mo googling dl speacer nap itu gimana. Mudah2 tukang bubut langganan bisa buatnya....hee
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
naaah semakin butuh tuh spacer nok karena velgnya hasil redril kan.. pasti tidak akan sebagus pressinya kayak keluaran pabrikan
ini foto contohnya
ini foto contohnya
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
Nahh...jadi jelas...
- Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
Velg audi Baut 5 ?
Maksudnya adaptor kali?
Klo dari 4x100 mau jdi baut 5 cuma bisa ke 5x120..
Klo ke 114/112 ga bisa pake adaptor.. Krn bakal ada baut yg 'numpuk' di lobang yg sama..
Baca ini
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 2054815795
.
Maksudnya adaptor kali?
Klo dari 4x100 mau jdi baut 5 cuma bisa ke 5x120..
Klo ke 114/112 ga bisa pake adaptor.. Krn bakal ada baut yg 'numpuk' di lobang yg sama..
Baca ini
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 2054815795
.
- Jhon_iRachmad_i
- GC Noob
- Posts: 180
- Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
- Location: Palembang
- Contact:
Re: GANTI BAUT RODA PANJANG + SPECER TEBAL
Makasih om CADCtrl_Alt_Del wrote:Velg audi Baut 5 ?
Maksudnya adaptor kali?
Klo dari 4x100 mau jdi baut 5 cuma bisa ke 5x120..
Klo ke 114/112 ga bisa pake adaptor.. Krn bakal ada baut yg 'numpuk' di lobang yg sama..
Baca ini
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 2054815795.
nice info
ya om velg audi baut 5 tp sdh saya modif tutup baut lama dan re-drill jadi baut 4 PCD 100
sempet jg sih kepikir pakek adaptor gitu tp pertimbanganya kl pakek adaptor velg bakal terlalu keluar dr fender dan setidaknya musti nyiapin ban serep yg baut 5 jg.
adeindra wrote:naaah semakin butuh tuh spacer nok karena velgnya hasil redril kan.. pasti tidak akan sebagus pressinya kayak keluaran pabrikan
ini foto contohnya
Allahmdulillah td sdh diskusi sm ahli bubut,,,
kira2 kemahalan gak opa buat 1 specer nok di minta 100 rb tebal 10mm bahan besi??
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS