DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to rims, brake, suspension, reinforcement, etc related..
User avatar
inca
GC Lover
GC Lover
Posts: 363
Joined: Sat Feb 21, 2009 7:18 am
Location: klaten-yogyakarta

DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by inca » Sun Jan 03, 2010 3:07 pm

Om2 sekalian, baru2 ini shockbeker kanan GC saat belok ke kiri bunyi geledeg2 seperti ada roda gigi yang berputar tidak pas pada tempatnya.
Kemudian saat GC melintas dipermukaan jalan yang landai, timbul getaran. apa shock beker nya terlalu sensitiv?!
Mohon masukan dari senior..tengkiu

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by krisnadew » Sun Jan 03, 2010 6:38 pm

bantu jawab ya om,,
kalo geledeg2 bukannya CV join yang udah aus jadi saat belok full efeknya bunyi karena udah ga span gitu..
melintas di jalan landai timbul getaran,,maksudnya gimana ya om,,?

ghulman09
GC Noob
GC Noob
Posts: 72
Joined: Wed Dec 23, 2009 1:13 am
Location: JAKARTA
Contact:

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by ghulman09 » Sun Jan 03, 2010 6:41 pm

bisa jadi suara pas belok dari as rodanya, tapi kalau jalan landai begetar kemungkinan shocknya sudah lemah atau kaki yang lain udah mulai lemah coba aja di cek kaki2nya
GC black B 1435 DZ

derryjanuari
GC Whore
GC Whore
Posts: 3330
Joined: Tue Sep 22, 2009 12:57 pm

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by derryjanuari » Sun Jan 03, 2010 7:27 pm

coba bantu jawab y....
hmm... yg pernah aq alami sih kyknya bosh sayap n as roda deh om.... imho .... :-D

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by ariphrp » Sun Jan 03, 2010 8:32 pm

belok kiri bunyinya di kanan ya? CV joint itu.. saya udah mulai kedengeran nih.. kecuali belok pelan-pelan nggak kedengeran, kalau belok kiri dengan kecepatan tinggi bunyi klotok-klotok.. masih alus tapi udah mengancam.. Solusinya sih ganti CV joint Oom..

Permukaan jalan landai maksudnya ramp up/ramp down? saat nanjak atau turun? getarannya gimana Oom? Kalau saat turunan dalam kondisi masuk gigi dan pedal rem diinjak atau meluncur bebas?

Baiknya cek aja kaki-kakinya Oom.. daripada sengkle di jalan.. :(

User avatar
inca
GC Lover
GC Lover
Posts: 363
Joined: Sat Feb 21, 2009 7:18 am
Location: klaten-yogyakarta

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by inca » Tue Jan 05, 2010 7:37 am

Saat permukaan jalan yang ramp down/turun(bhs jawanya legoan;bhs indonya apa ya), shockbeker kanan bunyi ndreet..ndreet..
shockbeker kiri padahal ga pa2 lho..
CV joiny itu bag yg mana oM?fungsinya apa ya?

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by krisnadew » Tue Jan 05, 2010 12:30 pm

dapet artikel saat menjelajah, mungkin dapat bantu buat jawab..

Kendaraan Dengan Mesin Depan, Penggerak Roda Depan.

Kendaraan dengan penggerak roda depan tidak memiliki batang penggerak (propeller). Melainkan kendaraan ini memiliki sebuah transaxle yang terdiri dari:
• Kopling (hanya untuk transmisi manual)
• Transmisi (untuk manual dan otomatis)
• Batang defrensial depan (atau setengah batang)
• Bantalan batang
• Sambungan universal kecepatan konstan.

Transaxle dibautkan pada mesin, batang half mengirimkan gaya putar dari mesin dan transmisi ke roda. Sambungan universal kecepatan konstan dipasangkan pada ujung bagian dalan masing-masing poros

Sambungan kecepatan konstan (KK) memungkinkan batang penggerak melakukan putara dengan sudut yang kecil dan perubahan panjang sesuai gerakan roda mengikuti permukaan jalan.

Sambungan kecepatan konstan berikutnya pada transmisi pada sambungan inboard (sambungan pluge) sambungan ini menggunakan bantalan roll pada ujung batang diteruskan melalui sambungan le "plunge" saat panjang batang berubah.

Sambungan kecepatan konstan pada penghubung (hub) roda adalah sambungan inboard juga sama sambungan burfiekd, sambungan ini bersifat tetap diam san tidak berubah panjangnya.

Sebagai rangkuman, sambungan kecepatan konstan;
• Membawa gaya putar dari mesin dan transmisi ke roda yang bersentuhan dengan jalan
• Meneruskan gerakan kemudi sebaik mungkin pada gerakan kendaraan naik atau turun.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

ghulman09
GC Noob
GC Noob
Posts: 72
Joined: Wed Dec 23, 2009 1:13 am
Location: JAKARTA
Contact:

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by ghulman09 » Tue Jan 05, 2010 12:43 pm

inca wrote:Saat permukaan jalan yang ramp down/turun(bhs jawanya legoan;bhs indonya apa ya), shockbeker kanan bunyi ndreet..ndreet..
shockbeker kiri padahal ga pa2 lho..
CV joiny itu bag yg mana oM?fungsinya apa ya?
nah kalau gitu mah kalau gak shocknya kalau gak boshing2 armnya om coba dicek aja bagian tsb
GC black B 1435 DZ

User avatar
inca
GC Lover
GC Lover
Posts: 363
Joined: Sat Feb 21, 2009 7:18 am
Location: klaten-yogyakarta

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by inca » Wed Jan 06, 2010 3:55 pm

kira2 harga CV joint berapa om?!
besok mo coba saya sporing n balancing dulu.

User avatar
inca
GC Lover
GC Lover
Posts: 363
Joined: Sat Feb 21, 2009 7:18 am
Location: klaten-yogyakarta

Re: DANGER**Shockbeker kanan BunYI**

Post by inca » Wed Jan 06, 2010 4:03 pm

inca wrote:kira2 harga CV joint berapa om?!
besok mo coba saya sporing n balancing dulu.
Minta rekomendasi juga buat shockbeker n per yang biasa dipake GCers sekalian..tQ :-D

Post Reply