Re: suspensi keras
Posted: Fri Oct 01, 2010 8:18 am
coba bantu jawab ya om...
CMIIW
Menurut saya keras - lembut sistem suspensi lebih dipengaruhi olah daya lentur dari PER nya om bukan dari Shock nya.
sekali lagi CMIIW.
Karena Fungsi Shock sendiri pada dasarnya sebagai peredam dari gerakan memanjang atau memendek dari PER.
itu sebabnya kendara'an tidak mantul-mantul / ajlog-ajlogan / tuing-tuing ..<-- apa ya bahasa yg pas...??
karena gerakan tersebut di redam oleh Shock.
PER Atau sering disebut juga coil spring dan sering juga disebut per keong atau pegas ulir. Pegas sepiral ini terdiri atas sebuah uliran batang baja dalam bentuk melingkar seperti rumah siput atau keong. Pegas ini memiliki ketahanan sangat baik terhadap beban kejut, dan ketika terjadi defleksi tidak akan menimbulkan gesekan. Namun pegas spiral tidak memiliki sifat meredam beban kejut, sehingga dalam pemakaiannya selalu dirangkaikan dengan peredam kejut (shock absorber) serta memerlukan dudukan pegas yang dipasang dikedua ujung pegas spiral. Pegas ini umumnya dipasang pada system suspensi depan, karena daya pemegasan pegas spiral bergantung pada garis tengah dan panjang batang baja yang dipakai. Semakin diameter pegas dan semakin panjang pegas tersebut maka akan semakin fleksible. Pegas spiral yang panjang dapat memegas lebih leluasa dan dapat melentur lebih jauh.
Jadi kalau dalam kasus om ini saya lebih menyarankan juga untuk melakukan penggantian per.
Pengujian per yang baik sebenernya harus dilakukan uji Lentur.
Bisa dengan melakukan penakanan/pembebanan ke PER tersebut secara langsung.
Uji lempar juga boleh lah... biar tau pernya masih bagus atau tidak, barangkali adja sekali lempar PATAH kan jadi ga nyesal om..
hehehehehe...
*eniwei : di sini ada kok yang jual per ori om. coba adja di search ke sub trit.
CMIIW
Menurut saya keras - lembut sistem suspensi lebih dipengaruhi olah daya lentur dari PER nya om bukan dari Shock nya.
sekali lagi CMIIW.
Karena Fungsi Shock sendiri pada dasarnya sebagai peredam dari gerakan memanjang atau memendek dari PER.
itu sebabnya kendara'an tidak mantul-mantul / ajlog-ajlogan / tuing-tuing ..<-- apa ya bahasa yg pas...??
karena gerakan tersebut di redam oleh Shock.
PER Atau sering disebut juga coil spring dan sering juga disebut per keong atau pegas ulir. Pegas sepiral ini terdiri atas sebuah uliran batang baja dalam bentuk melingkar seperti rumah siput atau keong. Pegas ini memiliki ketahanan sangat baik terhadap beban kejut, dan ketika terjadi defleksi tidak akan menimbulkan gesekan. Namun pegas spiral tidak memiliki sifat meredam beban kejut, sehingga dalam pemakaiannya selalu dirangkaikan dengan peredam kejut (shock absorber) serta memerlukan dudukan pegas yang dipasang dikedua ujung pegas spiral. Pegas ini umumnya dipasang pada system suspensi depan, karena daya pemegasan pegas spiral bergantung pada garis tengah dan panjang batang baja yang dipakai. Semakin diameter pegas dan semakin panjang pegas tersebut maka akan semakin fleksible. Pegas spiral yang panjang dapat memegas lebih leluasa dan dapat melentur lebih jauh.
Jadi kalau dalam kasus om ini saya lebih menyarankan juga untuk melakukan penggantian per.
Pengujian per yang baik sebenernya harus dilakukan uji Lentur.
Bisa dengan melakukan penakanan/pembebanan ke PER tersebut secara langsung.
Uji lempar juga boleh lah... biar tau pernya masih bagus atau tidak, barangkali adja sekali lempar PATAH kan jadi ga nyesal om..
hehehehehe...
*eniwei : di sini ada kok yang jual per ori om. coba adja di search ke sub trit.