Page 2 of 3

Re: suspensi keras

Posted: Fri Oct 01, 2010 8:18 am
by cutemaster
coba bantu jawab ya om...

CMIIW

Menurut saya keras - lembut sistem suspensi lebih dipengaruhi olah daya lentur dari PER nya om bukan dari Shock nya.
sekali lagi CMIIW.

Karena Fungsi Shock sendiri pada dasarnya sebagai peredam dari gerakan memanjang atau memendek dari PER.
itu sebabnya kendara'an tidak mantul-mantul / ajlog-ajlogan / tuing-tuing ..<-- apa ya bahasa yg pas...??
karena gerakan tersebut di redam oleh Shock.

PER Atau sering disebut juga coil spring dan sering juga disebut per keong atau pegas ulir. Pegas sepiral ini terdiri atas sebuah uliran batang baja dalam bentuk melingkar seperti rumah siput atau keong. Pegas ini memiliki ketahanan sangat baik terhadap beban kejut, dan ketika terjadi defleksi tidak akan menimbulkan gesekan. Namun pegas spiral tidak memiliki sifat meredam beban kejut, sehingga dalam pemakaiannya selalu dirangkaikan dengan peredam kejut (shock absorber) serta memerlukan dudukan pegas yang dipasang dikedua ujung pegas spiral. Pegas ini umumnya dipasang pada system suspensi depan, karena daya pemegasan pegas spiral bergantung pada garis tengah dan panjang batang baja yang dipakai. Semakin diameter pegas dan semakin panjang pegas tersebut maka akan semakin fleksible. Pegas spiral yang panjang dapat memegas lebih leluasa dan dapat melentur lebih jauh.

Jadi kalau dalam kasus om ini saya lebih menyarankan juga untuk melakukan penggantian per.

Pengujian per yang baik sebenernya harus dilakukan uji Lentur.
Bisa dengan melakukan penakanan/pembebanan ke PER tersebut secara langsung.
Uji lempar juga boleh lah... biar tau pernya masih bagus atau tidak, barangkali adja sekali lempar PATAH kan jadi ga nyesal om..
hehehehehe...


*eniwei : di sini ada kok yang jual per ori om. coba adja di search ke sub trit.

Re: suspensi keras

Posted: Sat Oct 02, 2010 1:09 pm
by ghulman09
Wah penjelasan yang bagus om thank's om, saya jadi semakin yakin kalau harus ganti pernya

[Post made via Mobile Device] Image

Re: suspensi keras

Posted: Thu Nov 04, 2010 5:01 pm
by bomberman
begitu ya .. pernah pengalaman nih. beli per bekas temen merk intrax,dpsang di gc sedan berpasangan sama shock ori standar kok mentul2 trus di jlan glombang. tuh knp ya? per nya terlalu lembut apa ada diagnosa lain? cocoknya intrax itu pasangan sama shock ori ato shock merk lain? contohnya apa? kisaran rp. nya? makasi
maaf kalo numpang nanya. semangat posting. :-D

Re: suspensi keras

Posted: Thu Nov 04, 2010 5:27 pm
by adeindra
Wah hebat buat penjelasan yang panjang x lebar x tinggi dari om cutemaster..bener banget tuh.
Kajadian per intrax percis banget sama yang sama alami, saya pake intrax disangkan ama shock showa yang standar....mental mentul...pas ada on ipur yang jual kayaba yang notyabene lebih keras saya beli, saya pasangkan...wah jauh lebih enak...mental mentul ilang. Jadi kayaknya per intrax yang lebih pendek dan jarak ulirnya lebih rapat ternyata butuh shock yang lebih keras om.
Gitu deh sharing saya

Re: suspensi keras

Posted: Fri Nov 05, 2010 7:50 am
by bomberman
nah ... akhirnya kebingungan ku kejawab sama bang ade :ymapplause: . pake kayaba? kayaba yang apa om? depan belakang kisaran harga?

Re: suspensi keras

Posted: Fri Nov 05, 2010 7:54 am
by cutemaster
adeindra wrote:Wah hebat buat penjelasan yang panjang x lebar x tinggi dari om cutemaster..bener banget tuh.
Kajadian per intrax percis banget sama yang sama alami, saya pake intrax disangkan ama shock showa yang standar....mental mentul...pas ada on ipur yang jual kayaba yang notyabene lebih keras saya beli, saya pasangkan...wah jauh lebih enak...mental mentul ilang.Jadi kayaknya per intrax yang lebih pendek dan jarak ulirnya lebih rapat ternyata butuh per yang lebih keras om.
Gitu deh sharing saya

[Post made via Mobile Device] Image
ini maksudnya per intrax yang lebih pendek dan jarak ulirnya lebih rapat ternyata butuh Shock yang lebih keras <-- Bgini bukan maksudnya om..??

Re: suspensi keras

Posted: Fri Nov 05, 2010 9:13 am
by irwans85
setuju sama om ade....sebelumnya ane pake shock koni + per standar(udah jelek) keras banget bantinganya... lalu per diganti jamex(kyk Intrax) malah terlalu empuk,..akhirnya malah dudukan shock ditinggikan biar agak tinggi n nambah keras dikit...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: suspensi keras

Posted: Fri Nov 05, 2010 11:15 am
by adeindra
Betul om ricko...shock maksudnya... :)

[Post made via Mobile Device] Image

Re: suspensi keras

Posted: Fri Nov 05, 2010 12:43 pm
by arozi
irwans85 wrote:setuju sama om ade....sebelumnya ane pake shock koni + per standar(udah jelek) keras banget bantinganya... lalu per diganti jamex(kyk Intrax) malah terlalu empuk,..akhirnya malah dudukan shock ditinggikan biar agak tinggi n nambah keras dikit...

[Post made via Mobile Device] Image
dudukan shock ditinggikan gak jadi resiko tuh kalo lari kenceng?

Re: suspensi keras

Posted: Fri Nov 05, 2010 1:02 pm
by adeindra
aman sih om asal jangan keterlaluan ninggiinnya kali ye...saya juga ditinggikan dudukan pernya satu jari kok sekarang yang depan...abis kalo eibach amblas bener oi...kaga kuat gue jalan rusak kabeh