Page 2 of 2

Re: tentang speleng stir

Posted: Mon Aug 28, 2017 8:13 am
by adeindra
pakde
apakah kalo terlalu kencang bisa bikin pas belok juga berat muternya? kaya engga pake power steering aje serasarnya?

ada lx temen kayak gitu kondisinya

Re: tentang speleng stir

Posted: Mon Aug 28, 2017 10:12 am
by Pa'de Gung
Iya bisa gitu om.., bahkan bisa macet/mentok, ga bisa belok abis.

Kalo pinion udah aus, biasanya speleng parah di posisi lurus, tapi speleng ilang pas pasisi belok, karena yg aus hanya sebagian/yg sering gesekan. Kalo dikencengin, ilang speleng di tengah, tapi berat saat belok, karena melewati ulir yg belum aus.

Re: tentang speleng stir

Posted: Mon Aug 28, 2017 11:56 am
by feryprianas
ngomongin soal berat muter setir ni om kuh, punyaku agak berat, kemarin baru konsul aja ke bengkel, belum eksekusi,
bengkel "mobil lama gak dipake gak?"
akoh "iya kemarin sebulanan disimpen gak di idupin gak dibawa jalan"
bengkel "dikuras aja dulu, karena lama disimpen mungkin oli ngendap/ada angin palsu"
pulang kerumah, esoknya di ajak jalan. eh sembuh. nah sekarang (hari in) berat lagi.
keluhan utamanya "setir agak berat" mesin udah idle normal pun tetep agak berat.
dengan kuras ganti oli PS bisa solved?? apa ada kemungkinan lain?

Re: tentang speleng stir

Posted: Mon Aug 28, 2017 1:12 pm
by Pa'de Gung
Cukup banyak faktor yg bikin ps berat.
1. Bisa jadi karena ada kotoran di oli, sehingga saluran di borm steer buntu. Bisa juga karena borm steer macet.
Di dalam borm steer ada semacam kran, yg terbuka sesuai gerakan steer. Kadang bisa sembuh kalo mekanis kran bisa bergerak.
2. Pompa ps lemah, ganti oli ps bisa sedikit membatu.
3. Bocor pada seal dalam rack, sehingga oli bypass,/tidak mendorong. Kadang bisa sembuh sendiri karena mampet oleh kotoran.

Yg jelas ps tidak kenal anginan, karena merupakan sirkulasi terbuka dan terus menerus.

Re: tentang speleng stir

Posted: Mon Aug 28, 2017 5:28 pm
by feryprianas
hehehe. jadi PS gak bakal masuk angin ya pak de. aku ambil kesimpulan : saatnya kuras oli PS. klw soal bocor, aku gak liat oli PS di wadahnya berkurang. tapi nanti monta sekalian di cek. 1 lagi pak de : ngecek pompa udah lemah itu begimana? apa aku kuras dulu baru ntar drasain sembuh atau nggak. klw belum sembuh dengan kuras berarti pompaaa

Re: tentang speleng stir

Posted: Mon Aug 28, 2017 5:55 pm
by Pa'de Gung
Bocor yg saya maksut juga bukan bocor keluar om, tapi bocor bypass. Jadi oli kembali ke tangki tidak melalui jalur semestinya.

Re: tentang speleng stir

Posted: Mon Aug 28, 2017 11:59 pm
by feryprianas
ohhh heuheu... mohon dimaklum ya om kuh.

Re: tentang speleng stir

Posted: Wed Sep 06, 2017 11:34 am
by feryprianas
Pa'de Gung wrote:
Mon Aug 28, 2017 1:12 pm
Cukup banyak faktor yg bikin ps berat.
1. Bisa jadi karena ada kotoran di oli, sehingga saluran di borm steer buntu. Bisa juga karena borm steer macet.
Di dalam borm steer ada semacam kran, yg terbuka sesuai gerakan steer. Kadang bisa sembuh kalo mekanis kran bisa bergerak.
2. Pompa ps lemah, ganti oli ps bisa sedikit membatu.
3. Bocor pada seal dalam rack, sehingga oli bypass,/tidak mendorong. Kadang bisa sembuh sendiri karena mampet oleh kotoran.

Yg jelas ps tidak kenal anginan, karena merupakan sirkulasi terbuka dan terus menerus.
hari kemarin coba kuras oli ps ganti baru. masih agak berat. dicoba tutup pake ibu jari pas lubang masuk pompa ada nyedot, nyedotnya kenceng gak klw normal? next step cek no 1 atau 2 dulu?

Re: tentang speleng stir

Posted: Wed Sep 06, 2017 6:53 pm
by Pa'de Gung
Nyedotnya pasti kenceng om, mungkin harus dibandingkan dg yg masih normal supaya bisa tau seberapa kuat seharusnya.