coba pasang Engine mounting ndiri
coba pasang Engine mounting ndiri
dah ada yng posting cara pasang mounting engine belon ya?
Ceritanya sih nekat, ngga ada pengalaman sama sekali, bongkar pasang sendiri Engine mounting,..didorong keinginan buat ngirit,..daripada 300rb dipake buat ongkos,..mening ta beliin satu Eng mount,..
baru sukses pasang 3 engine mount,..tinggal nyang belakang,..lagi mikir gimana cara bongkarnya dulu,. .(sambil ngolong-keringat-keringat..)
klo dah sukses pasang yang blakang,..ntar pengen gue posting di DIY ini.., cara buka engine mounting modal otodidak....
salam GC brehoh
Ceritanya sih nekat, ngga ada pengalaman sama sekali, bongkar pasang sendiri Engine mounting,..didorong keinginan buat ngirit,..daripada 300rb dipake buat ongkos,..mening ta beliin satu Eng mount,..
baru sukses pasang 3 engine mount,..tinggal nyang belakang,..lagi mikir gimana cara bongkarnya dulu,. .(sambil ngolong-keringat-keringat..)
klo dah sukses pasang yang blakang,..ntar pengen gue posting di DIY ini.., cara buka engine mounting modal otodidak....
salam GC brehoh
Ya Allah pengen upgrade mobil...mudahkan lah....
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
sementara nunggu foto yang belakang dibuka...
hayo dong cerita DIY ganti engine mounting yang lain gemna prosesnya? alat apa yang dibutuhkan? beneran bisa sendirian ngelakuinnya? dsb dsb
hayo dong cerita DIY ganti engine mounting yang lain gemna prosesnya? alat apa yang dibutuhkan? beneran bisa sendirian ngelakuinnya? dsb dsb
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
bener gan sendiri suwer,..ampe pegel2 kapalan,.. klo pun bagian yg blakang nyerah,..yang kiri-kanan dan depan,..tetep mo ane sharing buat agan-agan,.. ntar ama kunci-kunci na ane photo,..kunci sok biasa aja dll (sok apa shock ya...),.k
Ya Allah pengen upgrade mobil...mudahkan lah....
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
perlu torque wrench gak om, soalnya mesin bisa getar kalo tekanan EM beda2.
- Sutopo Eravianto
- GC Noob
- Posts: 186
- Joined: Thu Oct 14, 2010 9:03 am
- Location: Yogyakarta, Jl. Godean Km.7
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
klo yg belakang kayak na emank rada susah om...
posisi na rada sulit...
tpi di tunggu nieh hasil percobaan masang EM sendiri...
posisi na rada sulit...
tpi di tunggu nieh hasil percobaan masang EM sendiri...
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
Ni dia cara replace EM,
1. Replace/install Rear Transmission Mount (belakang)
Pertama-tama , sorry bila ada istilah yang ngga sesuai ‘ilmu mesin’ karena kagak ada begron mesin mesin acan.ini hanya sebuah sharing bagi yg bukan ‘mekaniker’.
Saya posting dulu ‘Rear Transmission Mount’ (bagian belakang) yang ‘full’ susah nya minta ampun .(sy sarankan yg mo nekad aja yg mo coba buka/pasang yang belakang).
Siapkan dulu tenaga sekuat mungkin, karena loe bakalan pegel2, terutama kaki lu nopang badan terus.(tangan ngga seberapa)
Ruang mesin GC yg ‘ledug’ kotor abis,..,ancur, tarikan mesin sih masih ma’nyos.
Persiapkan tools seperti dibawah ini:
Yg paling penting kunci shock 17 dan 14 dan kunci T 14 yg panjang (harusnya sih lebih panjang (besi atas nya bisa maju mundur), karena ente bakalan mutar-muter kunci di space yg sempit.
Gambar1.
harusnya sih buka Rear Beam (body yg melintang dibawah, tp khawatir kagak bisa pasang lagi) jadi pake jalan atas.
Buka ‘dashpot control’ (yg ditunjuk) biar kagak ‘ngehalangin’ jalur kunci T14, hati2 jg ada beberapa selang kecil karburator yg bakalan kesenggol2, jdi cabut dulu.
Yg ditunjuk panah kuning = jalan masuk kunciT14, masukan terus ke bagian belakang/ke bawah hingga terasa ‘klop’ masuk ke baud 14.lalu buka sedikit2.
ngambil gambarnya susahh…dibawah ini jarak dekat, masukin kedalam sampe terasa baud 14.
setelah berkeringat-keringat ngebuka yg belakang,..buka baud yg depan seperti gambar dibawah:
setelah itu buka ‘special bolt’ nya (baud 17),.gunakan konci shock 17 (kunci pada gambar1 yg ada pegangan hitam). Pake kunci ini simple, ngga pegel, beli di depo bangunan harga 90 rebu.lihat gambar dibawah:
habis gitu,..buka juga baud 14 samping , seperti gambar di bawah (kunci 14nya ta poto in)
Beres!, lap keringat mu,..lalu cabut tuh ‘Rear Transmission Mount’nya.
Selanjutnya cara instaal (pasang baru),..tinggal balikin aja urutannya. Gambar diatas semua sebetulnya EM baru,..Cuma saya jelasin saja urutan buka. Dan pasang tinggal pake teknik yg sama.
2. Replace/install Front Transmission Mount (depan)
yang ini saya jelasin lebih ringkas aja karena lebih mudah dari yang ‘Rear EM’
- Buka Blower, juga switch nya sekalian.
- Anggap saja blowernya sudah di copot,..lalu buka baud 14 yg nempel ke blok mesin seperti yg ditunjuk panah kuning, lalu KAMU DONGKRANG ‘FRONT’ BEAM’ LALU TIDURAN TERLENTANG KE KOLONG BUKA BAUD 14 LAINYA.
-
- Habis gitu Buka ‘special bolt’ nya (baud 17),.seperti yg ditunjuk telunjuk gombar diatas tadi. Pada saat kamu buka special bolt, kamu tahan sisi sebelahnya dengan kunci 19,..biar kagak ikut muter.
- Beres!, lap keringat mu lagi lalu cabut tuh ‘Front Transmission Mount’nya.
Selanjutnya cara install (pasang baru),..ada sedikit aksi yg harus dilakukan yaitu,
Setelah memasang special bolt, donkraknya pindahin utk mengankat blok engine.
dongkrak dari bawah. Angkat atau turun kan dongkrak hingga lubang utk baud 14 di EM tepat dengan lubang baud 14 di engine:
lalu pasang special bolt yg nempel di Front Beam
ok beres pasang deh.
Udah dulu bro,..(nulisnya dikantor,..ntar diliat Boss lagi,..) klo ada waktu kosong lagi,..posting yg EM samping kiri kanan.
Salam.
Adang GC.
1. Replace/install Rear Transmission Mount (belakang)
Pertama-tama , sorry bila ada istilah yang ngga sesuai ‘ilmu mesin’ karena kagak ada begron mesin mesin acan.ini hanya sebuah sharing bagi yg bukan ‘mekaniker’.
Saya posting dulu ‘Rear Transmission Mount’ (bagian belakang) yang ‘full’ susah nya minta ampun .(sy sarankan yg mo nekad aja yg mo coba buka/pasang yang belakang).
Siapkan dulu tenaga sekuat mungkin, karena loe bakalan pegel2, terutama kaki lu nopang badan terus.(tangan ngga seberapa)
Ruang mesin GC yg ‘ledug’ kotor abis,..,ancur, tarikan mesin sih masih ma’nyos.
Persiapkan tools seperti dibawah ini:
Yg paling penting kunci shock 17 dan 14 dan kunci T 14 yg panjang (harusnya sih lebih panjang (besi atas nya bisa maju mundur), karena ente bakalan mutar-muter kunci di space yg sempit.
Gambar1.
harusnya sih buka Rear Beam (body yg melintang dibawah, tp khawatir kagak bisa pasang lagi) jadi pake jalan atas.
Buka ‘dashpot control’ (yg ditunjuk) biar kagak ‘ngehalangin’ jalur kunci T14, hati2 jg ada beberapa selang kecil karburator yg bakalan kesenggol2, jdi cabut dulu.
Yg ditunjuk panah kuning = jalan masuk kunciT14, masukan terus ke bagian belakang/ke bawah hingga terasa ‘klop’ masuk ke baud 14.lalu buka sedikit2.
ngambil gambarnya susahh…dibawah ini jarak dekat, masukin kedalam sampe terasa baud 14.
setelah berkeringat-keringat ngebuka yg belakang,..buka baud yg depan seperti gambar dibawah:
setelah itu buka ‘special bolt’ nya (baud 17),.gunakan konci shock 17 (kunci pada gambar1 yg ada pegangan hitam). Pake kunci ini simple, ngga pegel, beli di depo bangunan harga 90 rebu.lihat gambar dibawah:
habis gitu,..buka juga baud 14 samping , seperti gambar di bawah (kunci 14nya ta poto in)
Beres!, lap keringat mu,..lalu cabut tuh ‘Rear Transmission Mount’nya.
Selanjutnya cara instaal (pasang baru),..tinggal balikin aja urutannya. Gambar diatas semua sebetulnya EM baru,..Cuma saya jelasin saja urutan buka. Dan pasang tinggal pake teknik yg sama.
2. Replace/install Front Transmission Mount (depan)
yang ini saya jelasin lebih ringkas aja karena lebih mudah dari yang ‘Rear EM’
- Buka Blower, juga switch nya sekalian.
- Anggap saja blowernya sudah di copot,..lalu buka baud 14 yg nempel ke blok mesin seperti yg ditunjuk panah kuning, lalu KAMU DONGKRANG ‘FRONT’ BEAM’ LALU TIDURAN TERLENTANG KE KOLONG BUKA BAUD 14 LAINYA.
-
- Habis gitu Buka ‘special bolt’ nya (baud 17),.seperti yg ditunjuk telunjuk gombar diatas tadi. Pada saat kamu buka special bolt, kamu tahan sisi sebelahnya dengan kunci 19,..biar kagak ikut muter.
- Beres!, lap keringat mu lagi lalu cabut tuh ‘Front Transmission Mount’nya.
Selanjutnya cara install (pasang baru),..ada sedikit aksi yg harus dilakukan yaitu,
Setelah memasang special bolt, donkraknya pindahin utk mengankat blok engine.
dongkrak dari bawah. Angkat atau turun kan dongkrak hingga lubang utk baud 14 di EM tepat dengan lubang baud 14 di engine:
lalu pasang special bolt yg nempel di Front Beam
ok beres pasang deh.
Udah dulu bro,..(nulisnya dikantor,..ntar diliat Boss lagi,..) klo ada waktu kosong lagi,..posting yg EM samping kiri kanan.
Salam.
Adang GC.
Ya Allah pengen upgrade mobil...mudahkan lah....
- badooy
- Site Admin
- Posts: 10094
- Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
- Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
- Contact:
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
wihh hebringgg.. manteepp!!! sendirian ajah? brp jam total pengerjaan?
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
Mau nanya neh soalnya sya ga tau mesin mobil....
Klo itu sebenernya di ganti buat apa yaa....?
Apa masalahnya...?
Klo suara duk... duk.... pas nginjek bolongan tau ga ya apa masaalahnya barangkali sudah pernah merasakannya.....
Trim's infonya...
Klo itu sebenernya di ganti buat apa yaa....?
Apa masalahnya...?
Klo suara duk... duk.... pas nginjek bolongan tau ga ya apa masaalahnya barangkali sudah pernah merasakannya.....
Trim's infonya...
-
- GC Enthusiast
- Posts: 910
- Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
- Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
- Contact:
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
sebenernya diganti unt kenyamanan aja om...... misalkan pada saat idle, body dan steer gak geter...... gitu aja sih sebetulnya.....helmi17 wrote:Mau nanya neh soalnya sya ga tau mesin mobil....
Klo itu sebenernya di ganti buat apa yaa....?
Apa masalahnya...?
Klo suara duk... duk.... pas nginjek bolongan tau ga ya apa masaalahnya barangkali sudah pernah merasakannya.....
Trim's infonya...
[Post made via Mobile Device]
Re: coba pasang Engine mounting ndiri
Bantu jawab; engine mounting berguna untuk memegang posisi mesin di engine bay (rangka bodi). Ada 4 engine bay kiri kanan dan depan belakang. Jika engine bay yang terbuat dari karet ini getas or robek, akan berpengaruh ke getaran mesin yang akan sangat berasa sekali di kabin. Bahkan kalo yang engine belakang rusaknya ekstrim, dalam beberapa kasus membuat susah masuk gigi.
Hayooo ommm semangat...hebat DIY nya informatif banget... Ditunggu DIY nya yang lain
[Post made via Mobile Device]
Hayooo ommm semangat...hebat DIY nya informatif banget... Ditunggu DIY nya yang lain
[Post made via Mobile Device]