perbaiki fuel gauge
perbaiki fuel gauge
halo om semua.. Ada yg pernah perbaiki spull (kumparan) fuel gauge (jarum indikator bensin) ga? Punyaku putus, udah pernah coba disolder tp ga sembuh. Efeknya, ga tau stok bensin seberapa. Jadi ngakalinnya pake odometer, tiap isi full thank odometer di nol kan trus ngisi full lagi kalo udah kurleb 160km. Tapi bosen jg tiap kali bensin harus inget meriset odometer. Kira2 spul yg putus bisa diakalin ga ya? Ato mungkin bisa ga cuma ganti spul? Kalo beli fuel gauge baru, mahal 700k sepaket sm temperatur gauge. Ato kalo ada om2 yg punya second, boleh deh aku beli. Kalo mau disedekahin jg lebih baik he he
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device]
-
- GC Enthusiast
- Posts: 910
- Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
- Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
- Contact:
Re: perbaiki fuel gauge
sebenernya om....kalo 160 km diisi...ya...jadinya terlalu sering..jadi jenuh om.... dimbl saya dulu seboros2nya bisa jalan sampe 280 km. itu hitungan sudah 1:7 an lo....paling boros dah itu..... semoga membantu om....
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device]
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: perbaiki fuel gauge
Setau saya alat ini jarang rusak om...kecuali kalo sering di bongkar pasang. Kumparannya sendiri kawatnya cukup besar untuk sekedar menggerakkan jarum, mestinya ga mudah rusak oleh pemakaian.diswandi wrote:halo om semua.. Ada yg pernah perbaiki spull (kumparan) fuel gauge (jarum indikator bensin) ga? Punyaku putus, udah pernah coba disolder tp ga sembuh. Efeknya, ga tau stok bensin seberapa. Jadi ngakalinnya pake odometer, tiap isi full thank odometer di nol kan trus ngisi full lagi kalo udah kurleb 160km. Tapi bosen jg tiap kali bensin harus inget meriset odometer. Kira2 spul yg putus bisa diakalin ga ya? Ato mungkin bisa ga cuma ganti spul? Kalo beli fuel gauge baru, mahal 700k sepaket sm temperatur gauge. Ato kalo ada om2 yg punya second, boleh deh aku beli. Kalo mau disedekahin jg lebih baik he he
[Post made via Mobile Device]
Saya ga ingat ada tidaknya resistor pada alat ini, kalo ada, mungkin resistor nya yg putus...
-
- GC Enthusiast
- Posts: 910
- Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
- Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
- Contact:
Re: perbaiki fuel gauge
om...kalo kaya pny kita sekarang ini kan memang sering naik turun sendiri? kalo jalan naik..jarum turun.... kalo jalan turun...jarum naik... apa mungkin juga kasusnya sama?
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device]
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: perbaiki fuel gauge
Itu wajar om...Kalo jalan naik (bagian depan mobil naik) bensin akan ngumpul di tangki bagian belakang/ menjauhi pelampung, sehingga levelnya turun. Sebaliknya saat turun bensin ngumpul di bagian depan tangki/mendekati pelampung, sehingga level naik.Koboy wrote:om...kalo kaya pny kita sekarang ini kan memang sering naik turun sendiri? kalo jalan naik..jarum turun.... kalo jalan turun...jarum naik... apa mungkin juga kasusnya sama?
[Post made via Mobile Device]
Last edited by Pa'de Gung on Tue Feb 22, 2011 5:38 pm, edited 1 time in total.
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: perbaiki fuel gauge
yang putus yang spul yang dimana nih??? yang di tangki ( model kayak pelampung gitu) ataw yang di spidometer??? sebenernya bisa kok di akalin pake kawat elemen yang biasanya buat pemanas strikaan... harganya sekitar 2500 rupiah.. tinggal di lilit yang rapih.. tapi ga bisa di solder... jadi kawat aslinya di putus trus di sambungin pake kawat elemennya itu.... ga usah di solder... trus di gulung ngikutin rumah lilitan yang lama.. kalo mau ngukur tahanannya bisa pake avometer.. kalo mau langsung pasang di tes dulu ya pake test pen... itu dia model tahanan/resistansi... jadi yang di ukur adalah besaran tahanan dalam satuan OHM.... begonooo...
Re: perbaiki fuel gauge
yg putus yg di spidometer om. Udah dicoba solder trus waktu pertama pasang bisa gerak sampe full (kebetulan waktu itu tangki emang penuh), tapi terus ga mau turun lagi tuh jarum meskipun isi tangki udah separo. Coba dah saya sambung aja ga pake solder. Besok kalo sdh ada hasil saya share om.. BTW thanks semua sarannya oms..saitama wrote:yang putus yang spul yang dimana nih??? yang di tangki ( model kayak pelampung gitu) ataw yang di spidometer??? sebenernya bisa kok di akalin pake kawat elemen yang biasanya buat pemanas strikaan... harganya sekitar 2500 rupiah.. tinggal di lilit yang rapih.. tapi ga bisa di solder... jadi kawat aslinya di putus trus di sambungin pake kawat elemennya itu.... ga usah di solder... trus di gulung ngikutin rumah lilitan yang lama.. kalo mau ngukur tahanannya bisa pake avometer.. kalo mau langsung pasang di tes dulu ya pake test pen... itu dia model tahanan/resistansi... jadi yang di ukur adalah besaran tahanan dalam satuan OHM.... begonooo...
[Post made via Mobile Device]
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: perbaiki fuel gauge
okayy.....
Re: perbaiki fuel gauge
Fuel Gauge GC ku juga rusak tuh, hanya saja kuganti dengan fuel gauge punya sepeda motor (beli di aksesoris sepeda motor) jauh lebih murah tuh 50rb...
Re: perbaiki fuel gauge
klo da salah di sachs pondok gede bisa betulin............250rb-an kayanya
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device]