badooy wrote:sorry ya om.. pertanyaan2 itu bukan untuk melemahkan atau bikin pesimis... tapi "challenge question"
klo di kantor ane, klo ada ide2 atau usulan baru, dichallenge logis / make sense nggaknya, udah mateng apa blm...
kalo penggagas sudah siap dan matang dgn seluruh konsep detilnya, ya disetujui dan dilaksanakan..
tapi kalo masih "gimana ntar", "mungkin", atau belum pasti yang lainnya, .. biasanya meragukan gak lulus tesnya...
hehehe....
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
gak kok um saya malah seneng diajak sharing seperti ni biar temen2 tahu n terutama saya kalau membikin suatu acara tu ga segampang pa yang kita pikirin
saya coba jawab um....
sponsor mau ikutan karna :
1.Ada artis nasional,jadi ikutan angkat nama sponsor sebagai penyedia dana.
wow, berapa dananya datengin artis? dari siapa? kalo dr sponsor, apa alasan mereka gak nyewa artis tsb untuk acara dgn nama mereka? (bukan dalam gathnas gc maksudnya)
2.Publikasi di media.jadi sponsor ikutan dan pasti nongol di liputan media,baik elektronik atau cetak.itu kan jadi nilai promosi bagi sponsor.
apakah acara gath gc efektif u/ promosi bagi mereka?berapa orang target / market segment yang dituju?
3.Ada ticketing,plus penjualan produk sponsor.jadi harga tiket itu sama aja plus produk sponsor kalau sponsor rokok kaya yg saya sudah pernah jalani.
balik lagi kalo ini berarti ada quota, target pemasukan harus melebihi pengeluaran.. udah ada itung2an logisnya?
Itu aja sih om pengalaman yg pernah saya alami.selebihnya,saya masih gtw.hehehehe..
Dulu 2 kali panggil artis nas.ahmad dhani n gank,sama gigi.padahal di kampus.kan klo dipikir,dia juga angkat nama kampus saya.tp mereka masih mau aja.xixixixi..CMIIAW
dulu di sma dan kampus jg ane sama bikin event / bazaar / acara musik. ada yg sukses bangett, ada yg biasa aja.. tp kembali ke market segment + timing yg paling penting saat itu..
1. kenapa sponsor mau...... karena audience itu sendiri um.... audience itu khan lum tentu dari peserta itu loh um,
orang dateng di suatu acara ada beberapa faktor al. :
- bisa aja dari orang yang pengen datang semata2 pengen liat artis bintang tamu idolanya, jadi dia dateng kira2 pas artis tersebut sebelum mau tampil, jadi cuci mata bentar trus liat mini konsernya
- tertarik dari pemberitaan di pamflet, spanduk, atau media lainnya yang memberitakan tentang acara ini, mereka penasaran ni acara opo toh.... jadi mereka dateng
- orang yang memang GC lovers yang bukan anggota forum / club, mereka pengen liat sejauh mana perkembangan GC itu sendiri sampai sejauh ini, dari modifnya, harga jual/ belinya/ suku cadangnya dll
- orang yang memang anggota forum/ club yang diundang oleh kita
semakin bagus artisnya semakin banyak yang dateng begitu um
dan sponsor akan menempatkan orangnya dilapangan untuk memastikan apakah benar yang kita gembar-gemborkan di proposal kalau acara ni pasti akan heboh, mereka pasti akan tahu karena sudah terbiasa kalau acara ni sukses atau ngga, karena dengan mendatangkan artis juga salah satu jurus ampuh untuk mendatangkan masa. (palagi kalo ticketingnya murah, dapet souvenir pula)
pa lagi dari pemberitaan forum kita ini um.... karena semakin sering kita masuk media cetak/ elektronik semakin tertarik mereka (oia um saya nanti minta ijin untuk mengcopy semua data GC.COM yang pernah masuk media masa, sebagai lampiran proposal bila diperlukan) dan lebih2 kalau sekarang kendaraan BT '90 (Back To 90) lagi anget diberitain di tabloid otomotif n media lainnya
2. orang2 sponsorship ini yang mendealkan suatu proposal bisa membaca kekurangan/ kelebihan proposal suatu acara, mereka pasti akan menyakan itu um..... itu kenapa kalau konsep acara tadi masih standar2 aja kaya acara2 yang lain, pasti ni acara ga akan disetujui apalagi dengan nominal pembiayaan yang besar, itu kenapa saya minta sharing yang kira2 acara tu yang lain daripada yang lain (um2 semua pasti banyak yang lebih berpengalaman dari saya)
ini biasanya akan terjadi tawar menawar pada saat kita dengan pihak eo, berapa kita berani datangkan masa, dan inipun akan menjadikan modal eo untuk mengahadapi pertanyaan yang sama dengan sponsor, jangan kan GC um, saya juga sering dateng acaranya club2 motor kecil (cc nya) mereka mampu mendatangkan artis (sponsor) ibukota walaupun yang bukan top 40, tapi mayan lah.... artis gitu loh xixixixixi....
tapi um... konsep acara biasanya kalau pihak sponsor sudah senang mereka ga akan melihat target yang bisa kita datangkan, malah biasanya mereka sendiri yang akan mengusahakan membantu kita um
untuk hitung2an biaya saya masih lom terima konsepnya um nanti akan saya share bila sudah ada konsep proposal n RAB acaranya
ini semua tergantung lagi sama konsep acara n konsep proposal itu sendiri um, untuk sementara saya hanya masih meminta masukan dari para senior disini seperti ini, jadi saya tahu nanti dan mungkin akan bisa memperisapkan acara tersebut, dan kalau mungkin tahun ini kurang bagus saya rasa bisa diadakan tahun depan dengan pemikiran yang lebih matang dan terkonsep
maap um agak bundet,karena saya juga harus mikir jawabannya semoga pa yang ditanyakan terjawab kalau belum yang mana um....
saya mbacanya juga bingung nih um xixixixixi karena dapat jawaban langsung tulis jadi kadang 2 ga nyambung pa yang ditanyakan