1. kepala busi hitam basah atau kering? penyebabnya oli masuk ruang bakar akibat lemahnya packing dan atau keroposnya silinder headkelik wrote:Selamat pagi GC Er semua, baru pertama buat thread ni di grancivic.com
Beberapa waktu ini GC saya bermasalah dengan mesinnya jika mobil nyala sekitar 20menitan.
Waktu mesin cool dan start normal, mesin normal seperti biasanya. memakai AC pun idle dengan sempurna. Tetapi waktu sekitar 20 menit mulai deh ndut2 an, dan kadang sampai mati. Kalau sudah begitu mesin di diamkan agak dingin, start normal lagi deh. Pernah waktu ndu2 an saya paksakan berjalan dan pas sampai rumah mesin mati total di start gak mau nyala juga. Dan waktu busi di buka busi berwarna hitam kelam di kepalanya.
Hal yang sudah saya lakukan adalah.
1. Ganti busi ke empat-empat nya (Masalah masih sama)
2. Bersihkan karburator, Sudah ada 3 kali saya buka karburatornya sampai bersih menggunakan Crbu Cleaner. (Masalah masih sama)
3. Cek Delco, Sepertinya oli agak merembes ke delco, saya bersihkan menggunakan Contact cleaner (Hanya saya semprot saja tanpa bongkar2 Delco karena keterbatasan alat) Kebetulan Delco ini adalah delco copotan EX.Sing berjalan sekitar 2 tahun. Karena yang asli matot. (Masalah masih sama) Saya ganti Coil bekas delco yang lama, (Masalah pun masih sama)
Ada juga yang mau saya tanyakan, waktu lepas delco ada 2 kabel yang masuk ke delco. saya ukur tegangannya sekitar 11.20 Volt, saya cek aki 12.64 Volt. sebenarnya kalau 2 kabel input delco ini saya langsungkan ke aki bisa gak ya??
Berikut beberapa pertanyaan dari saya, apakah delconya yang bermasalah, Coilnya atau CDI nya. atau yang lain.
Terima kasih untuk segala pencerahannya.
3. Oli rembes, berarti ganti ganti seal As delco, bawa ke tukang delco untuk benerin as delco yang nongol di luar itu..
Coba lain kali mati mendadak dan gak mau stater, periksa suhu mesin, apakah tinggi? (walau termperatur menunjukan normal), Biasanya suhu mesin tinggi menyebabkan gagalnya fungsi koil.
Periksa koil, apakah retak-retak..