![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Share Karburator, AC, dan Radiator.
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
tukang radiator yg udah pengalaman biasanya bisa bikin custom om...mau bikin 2 ply atau 3 ply juga bisa.......
....atau sekalian pake yg full aluminium
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
2 ply itu 2 lapis maksudnya om?akang wrote:tukang radiator yg udah pengalaman biasanya bisa bikin custom om...mau bikin 2 ply atau 3 ply juga bisa...........atau sekalian pake yg full aluminium
full alumunium kayak radiator mobil2 eropa ya bos? susah di tambal bukan kabarnya?
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Seharusnya 2 fan selalu nyala bersamaan saat AC on atau saat thermostat on. Kalo kelistrikan belum dirubah, bisa dicoba jumper dari 2 kabel yg ada di thermostat. Letaknya di deket filter oil yg kabelnya 2, cabut dan hubungkan keduanya dan 2 fan harusnya aktif._augusta_ wrote:nah itu dia om, tadi pagi di cek, kondisi dingin
ac di idupin, fan yang idup cuma fan ac doang, fan radiator ga nyala
apa karena temperatur optimal blom tercapai? jadi fan radiator blom mau nyala?
Belum lama ada teman yg mengalami over heat saat AC on, ato AC off tapi kondisi jalan macet. Ternyata daun kipas sudah hampir lurus, sehingga proses pendinginan tidak bisa maksimal. Dalam kondisi seperti itu, perpindahan air dari radiator ke reservoir terlalu sering sehingga banyak yg meguap.
semoga membantu....
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Sharing aja, problem overheat ketika AC on sembuh setelah kuras radiator..
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
mantap om terimakasih inponya, kemaren ganti2an, dah diperbaiki ganti motor fan nya pake yg copotan 150kPa'de Gung wrote:Seharusnya 2 fan selalu nyala bersamaan saat AC on atau saat thermostat on. Kalo kelistrikan belum dirubah, bisa dicoba jumper dari 2 kabel yg ada di thermostat. Letaknya di deket filter oil yg kabelnya 2, cabut dan hubungkan keduanya dan 2 fan harusnya aktif._augusta_ wrote:nah itu dia om, tadi pagi di cek, kondisi dingin
ac di idupin, fan yang idup cuma fan ac doang, fan radiator ga nyala
apa karena temperatur optimal blom tercapai? jadi fan radiator blom mau nyala?
Belum lama ada teman yg mengalami over heat saat AC on, ato AC off tapi kondisi jalan macet. Ternyata daun kipas sudah hampir lurus, sehingga proses pendinginan tidak bisa maksimal. Dalam kondisi seperti itu, perpindahan air dari radiator ke reservoir terlalu sering sehingga banyak yg meguap.
semoga membantu....
eh kemaren si nova ngambek lagi, ternyata gantian temen sebelah alias fan ac yang mati, yah kirain bakal ganti lagi,
untungnya cuma kabel powernya doang yang putus,,...
sekarang dem adem, garis temperatur di bawah setengah
-
- GC Noob
- Posts: 3
- Joined: Mon Aug 15, 2011 11:13 pm
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
ac normal, tp kalo siang dinginnya gak sampe ke belakang... memang begitukah karakter ac grand civic? ada suggest?
ican
grand civic '91
grand civic '91
- Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
mungkin kaca filmnya kurang nahan panas...
mungkin freon kurang? tekanan kurang?
mungkin jg kondensernya (yg di bemper kondenser kan ya namanya?)
kondenser kotor/mampet kisi2 nya krn karat di dalem, sama kayak radiator gitu.. atau kisi2 kena cat.. (yg gw di cat ama tukang cat bemper)
jd hasil kompresi jg panas krn kondenser mampet..
.
mungkin freon kurang? tekanan kurang?
mungkin jg kondensernya (yg di bemper kondenser kan ya namanya?)
kondenser kotor/mampet kisi2 nya krn karat di dalem, sama kayak radiator gitu.. atau kisi2 kena cat.. (yg gw di cat ama tukang cat bemper)
jd hasil kompresi jg panas krn kondenser mampet..
.
- cutemaster
- GC Enthusiast
- Posts: 702
- Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
- Location: Cibinong - Bogor - Jambi
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
sedikit share, 3-4 Bulan lalu ngalamin hal yang sama pada AC. kompresor AC bocor pada bagian karet2 nya.
Dah sempat nanya-nanya sama Sesepuh GC dot Com buat cari2 yang seccond.
akhirnya coba-coba ke bengkel AC dekat rumah.
- Kompresor di trondolin habis
- GC terpaksa Nginep 1 malam
- Alhamdulillah karet2 bisa diganti dan sekarang udah ga bocor lagi.
- Total jendral benerin kompresor bocor + isi Kembali Freon + Cek Jalur/selang AC = Rp. 400 Ribu
sekarang AC dah muaknyoss lagi.... Adem dan Suejukkk
- Kesimpulan, Kompresor bocor kalau hanya pada bagian karet2 atau seal, masih bisa dibenerin kok
*ehh.. 2 hari yang lalu Idle-UP ac bermasalah, kalo AC ON idle malah drop sampai ke 200 rpm malah terkadang mesin jadi mati
ada solusi..?
Dah sempat nanya-nanya sama Sesepuh GC dot Com buat cari2 yang seccond.
akhirnya coba-coba ke bengkel AC dekat rumah.
- Kompresor di trondolin habis
- GC terpaksa Nginep 1 malam
- Alhamdulillah karet2 bisa diganti dan sekarang udah ga bocor lagi.
- Total jendral benerin kompresor bocor + isi Kembali Freon + Cek Jalur/selang AC = Rp. 400 Ribu
sekarang AC dah muaknyoss lagi.... Adem dan Suejukkk
- Kesimpulan, Kompresor bocor kalau hanya pada bagian karet2 atau seal, masih bisa dibenerin kok
*ehh.. 2 hari yang lalu Idle-UP ac bermasalah, kalo AC ON idle malah drop sampai ke 200 rpm malah terkadang mesin jadi mati
ada solusi..?
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti
![Tongue :P](./images/smilies/10.gif)
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Udah cek solenoid plus selang2nya om..?
Kalo solenoid kerja katup vacum di kiri karbu (sisi selang bensin masuk) bekerja menarik trotle sehingga idle naik.
Kalo vacum sudah kerja tapi idle ga naik, ada pengaturnya di ujung vacum. putar kanan sampai rpm yg diinginkan.
Kalo solenoid kerja katup vacum di kiri karbu (sisi selang bensin masuk) bekerja menarik trotle sehingga idle naik.
Kalo vacum sudah kerja tapi idle ga naik, ada pengaturnya di ujung vacum. putar kanan sampai rpm yg diinginkan.
- cutemaster
- GC Enthusiast
- Posts: 702
- Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
- Location: Cibinong - Bogor - Jambi
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
udah om, termasuk selang2nya juga udah di cek, semua normal. selang tidak ada yang bocor.Pa'de Gung wrote:Udah cek solenoid plus selang2nya om..?
Kalo solenoid kerja katup vacum di kiri karbu (sisi selang bensin masuk) bekerja menarik trotle sehingga idle naik.
Kalo vacum sudah kerja tapi idle ga naik, ada pengaturnya di ujung vacum. putar kanan sampai rpm yg diinginkan.
Saya coba (dihubungkan) kedua selang vacum tanpa menggunakan idle-up. rpm nya langusng naik saat ac on.
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti
![Tongue :P](./images/smilies/10.gif)