Tentang Busi
Re: Tentang Busi
mobil karbu ngapain kudu ada resistas di busi? mobil karbu sebaiknya mengurangi efek resistan pada sistem pengapian. itu lebih bagus, tapi kalau injeksi mungkin lain.
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: Tentang Busi
saya ganti busi pake busi ori nya zebra setelah berguru dari bapak jendral ijo
ternyata ngefek lhoooo
coba deh dan rasakan beda nyaa
ternyata ngefek lhoooo
coba deh dan rasakan beda nyaa
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Tentang Busi
Busi OEM Zebra ya? hmmm...tak coba ah....pasti lebih murrah dari pade pake Iridium geto... ![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Tentang Busi
jadi yang lbih bagus itu , pake punya crv atw zebra??
klo crv,crv yg taun brapa ya om??
klo crv,crv yg taun brapa ya om??
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Tentang Busi
Kemarin tanyak ke Atrium senen, mau beli busi Zebra, mereka malah balik tanya, zebra tahun berapa? EFI atau ESP-ass? waktu disodorin katalog/brosur busi NGK utk zebra aja ada 2 jenis busi....
Tokona malah maksain suruh pake NGK Iridium.....males ah...mahal!
akhirnya beli busi ORI GC...eh waktu genti sendiri, ternyata selama ini gw pake jenis BKRE6.....heat radiatornya lebih pendek dari pada yang ORI GC...jadi kebayang aja tuh pemantiknya pasti sembunyi ke dalem HEAD....
Tokona malah maksain suruh pake NGK Iridium.....males ah...mahal!
akhirnya beli busi ORI GC...eh waktu genti sendiri, ternyata selama ini gw pake jenis BKRE6.....heat radiatornya lebih pendek dari pada yang ORI GC...jadi kebayang aja tuh pemantiknya pasti sembunyi ke dalem HEAD....
Grandcivic Kaca Gelap
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: Tentang Busi
kalo beli bawa contoh businya gc aja om soalnya emang ada 2 jenis businya zebra
ada yang gemuk n pendek n ada yang panjang kurus
kalo ga salah gc pake yang kurus n panjang deh
kalo ga salah beda di bentuk badannya
ada yang gemuk n pendek n ada yang panjang kurus
kalo ga salah gc pake yang kurus n panjang deh
kalo ga salah beda di bentuk badannya
Re: Tentang Busi
gue kebetulan punya nih buku tentang busi. dari denso langsung.
busi intinya sama, yang penting ukuran drat dan panjang drat busi.
kalau kuncinya untuk membuka dan menutup terserah sobat.
kode busi terdiri dari
contoh W16EX R-U11 dari denso
W= merupakan ukuran diameter ulir dan Hex (ada tabelnya)
16=tingkat panas busi. makin kecil angkanya, proses pelepasan panas kian sulit, makin tinggi angkanya makin mudah melepas panas. jadi busi W16 akan lebih panas dari W20 atau W24
E=panjang ulir (ada tabelnya)
X=Rancangan khusus (ada tabelnya)
R=konstruksi dalam kode R menandakan resistan jika gak ada kode R berarti tanpa resistan. jadi kalau misalnya busi ada kode R, jika suplai dari koil 10 ribu volt yang nyampe busi cuma 8 ribu, tergantung satuan ohm pada resistan
U=bentuk gap khusus. (ada kode lain misalnya, GL, L, S, U, US, V, Z, C, P) masing-masing punya bentuk yang berlainan.
11 (jika ada)= merupakan gap optimal yang bisa digunakan pada busi. angka makin besar gap busi pun gede maksimum adalah 2 mm, makin kecil (khusus denso cuma 9) artinya gap busi yang dianjurkan adalah 9. untuk gap juga berhubungan dengan koil yang digunakan makin gede suplai dari koil, gap yang digunakan lebih besar dari ukuran standarnya.
ADA YANG MAU NIH FOTO COPYNYA. perlembar 2000 perak, he, he, he atau tuker ama ikan bakar boleh.
hua, hua, hua, hua, cuma bercanda bro.
busi intinya sama, yang penting ukuran drat dan panjang drat busi.
kalau kuncinya untuk membuka dan menutup terserah sobat.
kode busi terdiri dari
contoh W16EX R-U11 dari denso
W= merupakan ukuran diameter ulir dan Hex (ada tabelnya)
16=tingkat panas busi. makin kecil angkanya, proses pelepasan panas kian sulit, makin tinggi angkanya makin mudah melepas panas. jadi busi W16 akan lebih panas dari W20 atau W24
E=panjang ulir (ada tabelnya)
X=Rancangan khusus (ada tabelnya)
R=konstruksi dalam kode R menandakan resistan jika gak ada kode R berarti tanpa resistan. jadi kalau misalnya busi ada kode R, jika suplai dari koil 10 ribu volt yang nyampe busi cuma 8 ribu, tergantung satuan ohm pada resistan
U=bentuk gap khusus. (ada kode lain misalnya, GL, L, S, U, US, V, Z, C, P) masing-masing punya bentuk yang berlainan.
11 (jika ada)= merupakan gap optimal yang bisa digunakan pada busi. angka makin besar gap busi pun gede maksimum adalah 2 mm, makin kecil (khusus denso cuma 9) artinya gap busi yang dianjurkan adalah 9. untuk gap juga berhubungan dengan koil yang digunakan makin gede suplai dari koil, gap yang digunakan lebih besar dari ukuran standarnya.
ADA YANG MAU NIH FOTO COPYNYA. perlembar 2000 perak, he, he, he atau tuker ama ikan bakar boleh.
hua, hua, hua, hua, cuma bercanda bro.
Re: Tentang Busi
wah,manten ni om jendral,...
emmm,tapinya om,...
jadi busi yang bagus bwt GC/nova tu yang serinya brapa om??
hehehe,... masi rada binun soalnya
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
emmm,tapinya om,...
jadi busi yang bagus bwt GC/nova tu yang serinya brapa om??
hehehe,... masi rada binun soalnya
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
Re: Tentang Busi
dodon_nouva90 wrote:wah,manten ni om jendral,...
emmm,tapinya om,...
jadi busi yang bagus bwt GC/nova tu yang serinya brapa om??
hehehe,... masi rada binun soalnya
![]()
![]()
om general mo kawinan ya don....
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)