coba dalam kondisi ac on, lihat fan ac nyala ga om..? sy pernah begini.. ternyata fan AC ga nyala. jadi temperatur naik.. karena ga seimbang kipas dengan beban kerja mesin.misroom wrote:maren idle upny ane setting lagi, skg udah oke buat idlenya pas ac nyala..Pa'de Gung wrote:200 rb ya..... padahal solenoid idle up nya 50 ribuan..... pasang sendiri juga ga sulit...cutemaster wrote:Pakai Idle-UP merk Denso (baru)+Pasang+ Cek jalur ACmisroom wrote:ganti idle up berapa om?cutemaster wrote:akhirnya ganti Idle-Up nya om... sekarang dah normal kembali.
txs pa de gung... buat share infonya
lg kena masalah begini juga
rp. 200 rebu om
tp maren ane bawa kejogja suka naek terus ampir mentok tuh suhunya pas ac nyala..
begitu ac dimatiin dibawa jalan juga.. turun sendiri sampe ke normal, separo kurang dikit.
itu apanya yah? fannya? radiatornya or termometernya ngaco?
maaf kalo nubitol OOT
Share Karburator, AC, dan Radiator.
- cutemaster
- GC Enthusiast
- Posts: 702
- Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
- Location: Cibinong - Bogor - Jambi
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti
![Tongue :P](./images/smilies/10.gif)
- FleaFly
- GC Lover
- Posts: 436
- Joined: Sat Dec 25, 2010 6:59 pm
- Location: Kranggan - Cibubur - Bogor
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Misi om2 ...
Mirip2 nih sm kejadian di mbl saya ...
Td siang sambil ngerjain sambil japrian, minta petunjuk dan arahan dr Om Cutemaster... (Thx mau direpotin ya om)..
Walaupun problemnya blom solve :hammer
Problemnya :
AC off = RPM 500~600
AC on = RPM 200~300
ACnya sih normal, Dingin .. Tp ya itu, RPM drop
1.Cek Solenoid idle up
![Image](http://img338.imageshack.us/img338/223/solenoid20ac120214.jpg)
- Cek arus pake tespen, di socketnya, arus normal = ada setrum
- Akhirnya sy beli baru (yg universal, 50rb) kl denso/ND 175rb-180rb --> begitu di test pasang, tetep drop (untung beli yg murah)
2.Cek selang2 vakum
![Image](http://img833.imageshack.us/img833/9062/ujung20selang20getas120.jpg)
- Ada beberapa bagian yg nempel getas --> dipotong dikit ujungnya.. Lalu masukin kembali ke tempatnya
3.Cek sambungan T (yg dr plastik), penghubung antara selang2 vakum
- Normal
4.Cek vakum yg di carbu, kebetulan sy pake DC
![Image](http://img52.imageshack.us/img52/8769/vacum20di20carbu120214.jpg)
- Saya isep/kenyot/sedot .. tuas yg ada stelan baut utk idle up AC bergerak
- Saya langsungin selang, yg dr Delco (kalo dipegang pk tangan, anginnya ngisep) ke mulut vacum, ternyata RPM gak berubah, alias tetep drop di 200~300
Mgkn om2 disini ada yg pny pengalaman sama, bisa di share solusinya ...
Apa lg yg hrs dicek ...
Thx before
Mirip2 nih sm kejadian di mbl saya ...
Td siang sambil ngerjain sambil japrian, minta petunjuk dan arahan dr Om Cutemaster... (Thx mau direpotin ya om)..
Walaupun problemnya blom solve :hammer
Problemnya :
AC off = RPM 500~600
AC on = RPM 200~300
ACnya sih normal, Dingin .. Tp ya itu, RPM drop
1.Cek Solenoid idle up
![Image](http://img338.imageshack.us/img338/223/solenoid20ac120214.jpg)
- Cek arus pake tespen, di socketnya, arus normal = ada setrum
- Akhirnya sy beli baru (yg universal, 50rb) kl denso/ND 175rb-180rb --> begitu di test pasang, tetep drop (untung beli yg murah)
2.Cek selang2 vakum
![Image](http://img833.imageshack.us/img833/9062/ujung20selang20getas120.jpg)
- Ada beberapa bagian yg nempel getas --> dipotong dikit ujungnya.. Lalu masukin kembali ke tempatnya
3.Cek sambungan T (yg dr plastik), penghubung antara selang2 vakum
- Normal
4.Cek vakum yg di carbu, kebetulan sy pake DC
![Image](http://img52.imageshack.us/img52/8769/vacum20di20carbu120214.jpg)
- Saya isep/kenyot/sedot .. tuas yg ada stelan baut utk idle up AC bergerak
- Saya langsungin selang, yg dr Delco (kalo dipegang pk tangan, anginnya ngisep) ke mulut vacum, ternyata RPM gak berubah, alias tetep drop di 200~300
Mgkn om2 disini ada yg pny pengalaman sama, bisa di share solusinya ...
Apa lg yg hrs dicek ...
Thx before
Phone/WhatsApp : 0812-8(NOL)6-1(NOL)33
Email : adi.pranata@grandcivic.com
Twitter : @AdiPapaKafka
www.softwarepsr.com/kaf
>> Hobby dapet, keluarga nyaman ... <<
Email : adi.pranata@grandcivic.com
Twitter : @AdiPapaKafka
www.softwarepsr.com/kaf
>> Hobby dapet, keluarga nyaman ... <<
- cutemaster
- GC Enthusiast
- Posts: 702
- Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
- Location: Cibinong - Bogor - Jambi
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Setelah tadi ngobrol - ngobrol dengan om fleafly..
saya lebih curiga kerusakan ada di Vacum AC yang berfungsi untuk menaik dan menurunkan RPM, seperti pada poto.
karena setelah di kenyot/disedot maupun di direct langsung selang vacum dari delco ke vacum ac, tidak ada reaksi di vacum ac (tuas tidak bergerak menarik/tarikan)
kalau di single carb, mestinya tuas tersebut tertarik ke arah dalam vacum dan otomatis akan menaikkan RPM sesuai jarak stopper di karburator.
mudah-mudahan gambar jelek dibawah ini bisa menjelaskan
waktu itu gw juga pernah ada rusak di vacum ini om,
stelah di bongkar.. ternyata membran karet lepas dari dudukannya.
coba lem pakai aibon.. trus di pres kembali. tunggu 2 jam..
coba tiup ga ada bocor, dan membran berfungsi baik.
pasang kembali...
alhamdulillah aman sampe sekarang tuh aibon, sudah hampir 2 tahun.![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
saya lebih curiga kerusakan ada di Vacum AC yang berfungsi untuk menaik dan menurunkan RPM, seperti pada poto.
karena setelah di kenyot/disedot maupun di direct langsung selang vacum dari delco ke vacum ac, tidak ada reaksi di vacum ac (tuas tidak bergerak menarik/tarikan)
kalau di single carb, mestinya tuas tersebut tertarik ke arah dalam vacum dan otomatis akan menaikkan RPM sesuai jarak stopper di karburator.
mudah-mudahan gambar jelek dibawah ini bisa menjelaskan
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
waktu itu gw juga pernah ada rusak di vacum ini om,
stelah di bongkar.. ternyata membran karet lepas dari dudukannya.
coba lem pakai aibon.. trus di pres kembali. tunggu 2 jam..
coba tiup ga ada bocor, dan membran berfungsi baik.
pasang kembali...
alhamdulillah aman sampe sekarang tuh aibon, sudah hampir 2 tahun.
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti
![Tongue :P](./images/smilies/10.gif)
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Kalo membrannya yg rusak (lapisan karetnya pada ngelupas) bisa di perbaiki ga om..?
Nyoba ta tambal pake sealer ga berhasil.....![Sad :(](./images/smilies/2.gif)
Nyoba ta tambal pake sealer ga berhasil.....
![Sad :(](./images/smilies/2.gif)
- pakdhe eko
- GC Lover
- Posts: 309
- Joined: Thu Jan 05, 2012 3:41 am
- Location: Antara Kelapa Gading - Brebes JATENG
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
ini maksute membran bensin (fuel pump) ya? emang bisa dibuka ya membran itu...prasaan gak bisa deh.
D 1399 SJ
PakdhEko - 081213532879
PIN : 3153C632
Si gepeng dari ndeso to kutho
PakdhEko - 081213532879
PIN : 3153C632
Si gepeng dari ndeso to kutho
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Bukan om... ni membran vacum.pakdhe eko wrote:ini maksute membran bensin (fuel pump) ya? emang bisa dibuka ya membran itu...prasaan gak bisa deh.
- FleaFly
- GC Lover
- Posts: 436
- Joined: Sat Dec 25, 2010 6:59 pm
- Location: Kranggan - Cibubur - Bogor
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Alhamdulillah... Dah solve...
Di cek lagi, ternyata ada sambungan T (selang vacum) yg leleh, kena panas...
Trus vacum AC yg di carbu, ganti... Copotan dr DC jg, nemu di gudang... Gudangnya siapa yaaa... \=D/✗¡ •:D• ✗¡•:p •✗¡•:$ •✗¡•\=D/
Skr dah normal lagi... dan Hatiku senang....
Di cek lagi, ternyata ada sambungan T (selang vacum) yg leleh, kena panas...
Trus vacum AC yg di carbu, ganti... Copotan dr DC jg, nemu di gudang... Gudangnya siapa yaaa... \=D/✗¡ •:D• ✗¡•:p •✗¡•:$ •✗¡•\=D/
Skr dah normal lagi... dan Hatiku senang....
Phone/WhatsApp : 0812-8(NOL)6-1(NOL)33
Email : adi.pranata@grandcivic.com
Twitter : @AdiPapaKafka
www.softwarepsr.com/kaf
>> Hobby dapet, keluarga nyaman ... <<
Email : adi.pranata@grandcivic.com
Twitter : @AdiPapaKafka
www.softwarepsr.com/kaf
>> Hobby dapet, keluarga nyaman ... <<
- cutemaster
- GC Enthusiast
- Posts: 702
- Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
- Location: Cibinong - Bogor - Jambi
- Contact:
Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.
Selama membrannya ga bocor sih.. spertinya ga masalah om..Pa'de Gung wrote:Kalo membrannya yg rusak (lapisan karetnya pada ngelupas) bisa di perbaiki ga om..?
Nyoba ta tambal pake sealer ga berhasil.....
kalo bocor sih.. belum pernah ngalamin om. mestinya sih.. kalo di sealent tipis (rubber sealent atau Silicon seal) untuk menambal kebocornannya sih bisa om.
kalo kasus saya kemarin.. bibir membran yang nempel di body vacumnya lepas.. trus di lem kembali pakai aibon.
lumayan tahan sampai sekarang om
hm.. berarti memang jalur ada yang masalah, dan vacum tetap di ganti ya omFleaFly wrote:Alhamdulillah... Dah solve...
Di cek lagi, ternyata ada sambungan T (selang vacum) yg leleh, kena panas...
Trus vacum AC yg di carbu, ganti... Copotan dr DC jg, nemu di gudang... Gudangnya siapa yaaa... \=D/✗¡ •:D• ✗¡•:p •✗¡•:$ •✗¡•\=D/
Skr dah normal lagi... dan Hatiku senang....
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti
![Tongue :P](./images/smilies/10.gif)