discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
-
Rudy_K_Cool
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Post
by Rudy_K_Cool » Sun Feb 02, 2014 12:38 am
pauluspaska wrote:Wah, kalau sudah custom begitu saya gak ngerti om. Seharusnya bisa pakai jalur kabel yang lama.
Solusinya, bisa ambil setrum dari pressure switch di pipa AC dekat reservoir P/S, jangan lupa pakai relay untuk mengangkat fan AC dan kompresor.
Bisa kasih gambarnya kah om..?? Biar tau dimana posisi pressure switch nya....
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Sun Feb 02, 2014 10:06 am
Rudy_K_Cool wrote:
Untuk kabel setrum ke kompresor ac biasanya ƔªϞğ warna apa yaa om...?? Disitu kan ada kabel merah agak besar,tp gak ada aliran listriknya pun sudah dipotong ama pemiliknya dulu.. Truz,kabel satunya lagi lagi,saya ambilkan setrumnya dari kabel power tape mobil..
(Lumayan,ac jadi dingin lagi setelah sebelumnya cuma blower angin z ƔªϞğ terasa)
Cuma sekarang,tombol ac jadi kagak fungsi nampaknya,karna begitu digeser pengatur ac-nya,efeknya langsung dingin terus meskipun tombol ac dah di off...
Adakah solusi lagi om,makasie banyak atas saran dan waktunya...
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Kabel ke kompresor warna biru om, tidak lebih besar. Ato bisa cek di relay depan aki (mudah²an masih ada).
Yg agak besar itu kabel extra fan.
Untuk mengembalikan kelistrikan AC ke kabel aslinya relatif sulit om.
Mulai dari kabel switch AC/blower, pastikan masih pakai kabel aslinya ( biasanya dirubah ambil dari blower).
Kemudian lihat apakah modul AC (di belakang laci sebelah kanan evap) masih ada. Modul ini yg mengendalikan idle up dan kompresor.
Kalo dalam sudah beres..baru geser ke ruang mesin..
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
-
Kurniawan dicky
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Post
by Kurniawan dicky » Sun Feb 02, 2014 10:10 am
Buat panduan om donlot service manual, digoogling aja. Service manual lengkap dengan kelistrikannya.
-
saiful
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 540
- Joined: Mon Oct 29, 2012 3:16 pm
- Location: Gurah-Kediri-Jawatimur
-
Contact:
Post
by saiful » Sun Feb 02, 2014 11:00 pm
Saran saja om, untuk lebih berhati hati masalah kelistrikan mobil, kalo konslet dan fuse gak mau putus bisa bahaya.. Maaf om, kalo saya gak berani tanpa didampingi ahlinya, atau serahkan saja sama ahlinya lebih aman.. Hehehee..
-
Kurniawan dicky
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Post
by Kurniawan dicky » Mon Feb 03, 2014 11:31 am
saiful wrote:Saran saja om, untuk lebih berhati hati masalah kelistrikan mobil, kalo konslet dan fuse gak mau putus bisa bahaya.. Maaf om, kalo saya gak berani tanpa didampingi ahlinya, atau serahkan saja sama ahlinya lebih aman.. Hehehee..
Betul om... mangkanya perlu extra hati2, mesti tau dasar elektrik dan elektronika (perkabelan, fuse, relay, dll)....
Kalo dasarnya udah cukup, tambah panduan dari manual service, lalu konsultasi sama om2 senior....
-
joehanz
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 303
- Joined: Fri Oct 14, 2011 7:57 am
Post
by joehanz » Mon Feb 03, 2014 2:10 pm
Saya baru aja mencoba wiretuck sekalian peremajaan kabel om kebetulan udah banyak kabel yang dibandrek alias dimodif dibypass dll...akhire sama temen dikembalikan lagi kejalur aslinya, kemaren bahan yg dibutuhkah :
1. kabel kebetulan dijogja ada yang sama warna dan jenisnya dengan kabel aslinya jadi lebih gampang
2. solder dan tenol
3. selotif bakar
4. selongsong buat bungkus kabel2nya
5. selotip 3m karena lebih bagus rekatnya
6. kabeltis
-
Rudy_K_Cool
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Post
by Rudy_K_Cool » Tue Feb 04, 2014 12:20 pm
Pa'de Gung wrote:Rudy_K_Cool wrote:
Untuk kabel setrum ke kompresor ac biasanya ƔªϞğ warna apa yaa om...?? Disitu kan ada kabel merah agak besar,tp gak ada aliran listriknya pun sudah dipotong ama pemiliknya dulu.. Truz,kabel satunya lagi lagi,saya ambilkan setrumnya dari kabel power tape mobil..
(Lumayan,ac jadi dingin lagi setelah sebelumnya cuma blower angin z ƔªϞğ terasa)
Cuma sekarang,tombol ac jadi kagak fungsi nampaknya,karna begitu digeser pengatur ac-nya,efeknya langsung dingin terus meskipun tombol ac dah di off...
Adakah solusi lagi om,makasie banyak atas saran dan waktunya...
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Kabel ke kompresor warna biru om, tidak lebih besar. Ato bisa cek di relay depan aki (mudah²an masih ada).
Yg agak besar itu kabel extra fan.
Untuk mengembalikan kelistrikan AC ke kabel aslinya relatif sulit om.
Mulai dari kabel switch AC/blower, pastikan masih pakai kabel aslinya ( biasanya dirubah ambil dari blower).
Kemudian lihat apakah modul AC (di belakang laci sebelah kanan evap) masih ada. Modul ini yg mengendalikan idle up dan kompresor.
Kalo dalam sudah beres..baru geser ke ruang mesin..
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
Truz,kabel yg merah agak besar ini jalurnya dari mana ambilnya yaa pakde...?? Mohon masukan...
Oiya,kompresor ac kok berisik suaranya yaa..? Apa perlu diganti part nya pakde...??
-
Rudy_K_Cool
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Post
by Rudy_K_Cool » Tue Feb 04, 2014 12:21 pm
Kurniawan dicky wrote:Buat panduan om donlot service manual, digoogling aja. Service manual lengkap dengan kelistrikannya.
Searching code nya apa om..??
-
Rudy_K_Cool
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Post
by Rudy_K_Cool » Tue Feb 04, 2014 12:22 pm
saiful wrote:Saran saja om, untuk lebih berhati hati masalah kelistrikan mobil, kalo konslet dan fuse gak mau putus bisa bahaya.. Maaf om, kalo saya gak berani tanpa didampingi ahlinya, atau serahkan saja sama ahlinya lebih aman.. Hehehee..
Iyya,om... Makanya saya tanya ke suhu2 dimari..
Soalnya kondisinya emang dah g std lagi.. Jadi,rencana mau di balikin ke fungsi awal lagi nie...
-
Rudy_K_Cool
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 242
- Joined: Thu Sep 26, 2013 5:38 am
Post
by Rudy_K_Cool » Tue Feb 04, 2014 12:23 pm
joehanz wrote:Saya baru aja mencoba wiretuck sekalian peremajaan kabel om kebetulan udah banyak kabel yang dibandrek alias dimodif dibypass dll...akhire sama temen dikembalikan lagi kejalur aslinya, kemaren bahan yg dibutuhkah :
Bisa tolong di upload kan kah om,hasil DIY nya...???
1. kabel kebetulan dijogja ada yang sama warna dan jenisnya dengan kabel aslinya jadi lebih gampang
2. solder dan tenol
3. selotif bakar
4. selongsong buat bungkus kabel2nya
5. selotip 3m karena lebih bagus rekatnya
6. kabeltis