WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
- Jhon_iRachmad_i
- GC Noob
- Posts: 180
- Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
- Location: Palembang
- Contact:
WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
Selamat sore om2 dan para suhu master GC
Langsung aja kepertanyaanya, lampu indikator charge (gambar batre) di GC'91 saya nyala-mati (kedap-kedip gak beraturan) saat mbl lg jalan tp saat mbl berhenti lampu indikator mati (seperti normal). waktu pagi atw pertama kali mesin starter mo dihidupin lampu indikator normal (oil pressure, charge dan handbreak nyala), aki tidak ada masalah (tidak soak/lemah).
tolong pencerahannya para suhu GC ada apakah gerangan,
apakah ini tanda2 awal kl mo ada masalah dgn alternator na atw mudah2 cm konektor kabel indikatornya aj yg oblak .
Langsung aja kepertanyaanya, lampu indikator charge (gambar batre) di GC'91 saya nyala-mati (kedap-kedip gak beraturan) saat mbl lg jalan tp saat mbl berhenti lampu indikator mati (seperti normal). waktu pagi atw pertama kali mesin starter mo dihidupin lampu indikator normal (oil pressure, charge dan handbreak nyala), aki tidak ada masalah (tidak soak/lemah).
tolong pencerahannya para suhu GC ada apakah gerangan,
apakah ini tanda2 awal kl mo ada masalah dgn alternator na atw mudah2 cm konektor kabel indikatornya aj yg oblak .
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
Re: WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
heheh ya mau engga mau untuk memastikan harus cek keduanya om... karena keduanya mungkin
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
Lampu CHG menyala karena kabel dari lampu ke alternator berubah jadi negatip.
Jadi kemungkinannya cuma ada di alternator.
Jadi kemungkinannya cuma ada di alternator.
- Jhon_iRachmad_i
- GC Noob
- Posts: 180
- Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
- Location: Palembang
- Contact:
Re: WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
Waduh blm sempet cek smuanya opa ade. Kburu call of duty...heeadeindra wrote:heheh ya mau engga mau untuk memastikan harus cek keduanya om... karena keduanya mungkin
Tp kl di inget2 mungkin jg yg d bilang suhu pa'de master GC, soale sbelum lampu charge nyala kedip2, sy nyoba diy "ground for better idle".
Mo liat contak poin nya d tread ny gak bs kyk na web gc.com lg down bberapa hari kmaren. Jadinya kontak poin d pasang seingatnya aja.
Naaah untuk yg k alternator aku pasang d body belakang alternator, ada tu yg baut 8 dr situ ujung kabel satunya k hadcover baut 10 di atas intek.
Apa dr situ penyebanya lampu indikator chg nya jd kedip2 seperti yg pa'de bilang ada yg jd negatif...hee
Testimoni dikit boleh ya; sblm diy ground ini mesin kl lg idle ada letupan2 dikit dan rpm kurang stabil (tiba2 drop trus normal lg), stelah d pasang ground ini gejala letupan2 jd kurang dan rpm yg drop jd ilang. Dgn posisi delko sama (blm d setting lg)
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
Cara kerja lampu chg :
Saat kontak on, lampu chg mendapat arus (+) dari aki. Kemudian negatipnya adalah alternator ( karena alternator belum berputar).
Setelah mesin hidup, alternator memproduksi arus (+). Dg begitu Kedua kaki lampu chg mendapat (+) shingga padam.
Maka.... Jika lampu jika lampu chg menyala saat mesin hidup, bisa dipastikan masalahnya ada pada alternator.
1. Mungkin fan belt longgar..sehingga alternator berputar tersendat.
2. Kabel kontak alternator lepas ..sehingga alternator off.
3. Brush udah tipis... Sehingga kadang lost contact.
Coba cek point 1 dan 2
Untuk Point 2 cek colokan bulat di alternator.
Point 3 sebaiknya ke tukang dinamo..
Saat kontak on, lampu chg mendapat arus (+) dari aki. Kemudian negatipnya adalah alternator ( karena alternator belum berputar).
Setelah mesin hidup, alternator memproduksi arus (+). Dg begitu Kedua kaki lampu chg mendapat (+) shingga padam.
Maka.... Jika lampu jika lampu chg menyala saat mesin hidup, bisa dipastikan masalahnya ada pada alternator.
1. Mungkin fan belt longgar..sehingga alternator berputar tersendat.
2. Kabel kontak alternator lepas ..sehingga alternator off.
3. Brush udah tipis... Sehingga kadang lost contact.
Coba cek point 1 dan 2
Untuk Point 2 cek colokan bulat di alternator.
Point 3 sebaiknya ke tukang dinamo..
- Jhon_iRachmad_i
- GC Noob
- Posts: 180
- Joined: Wed Apr 23, 2014 3:40 pm
- Location: Palembang
- Contact:
Re: WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
lampu charge nyala saat mbl jalan pa'de kl mbl gak jalan (dipanasin pagi2 atw parkir mesin hidup) lampu charge nya mati. Dan lampu chg nyalanya gak terus tp blinking gak beraturan.Pa'de Gung wrote:Cara kerja lampu chg :
Saat kontak on, lampu chg mendapat arus (+) dari aki. Kemudian negatipnya adalah alternator ( karena alternator belum berputar).
Setelah mesin hidup, alternator memproduksi arus (+). Dg begitu Kedua kaki lampu chg mendapat (+) shingga padam.
Maka.... Jika lampu jika lampu chg menyala saat mesin hidup, bisa dipastikan masalahnya ada pada alternator.
1. Mungkin fan belt longgar..sehingga alternator berputar tersendat.
2. Kabel kontak alternator lepas ..sehingga alternator off.
3. Brush udah tipis... Sehingga kadang lost contact.
Coba cek point 1 dan 2
Untuk Point 2 cek colokan bulat di alternator.
Point 3 sebaiknya ke tukang dinamo..
Btw makasi infonya pa'de, langka awal mo dilepasin dl kabel ground yg baru d pasang ntu, kl masih jg cek poin 1 dan 2. Kl mash jg lg langkah terakhir pergi k ahlinya tukang dinamo...hee
Salam Kenal
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
to all CivicEF Lovers
BG 381 AS
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
Mungkin karena ada getaran saat jalan om...
Tambahan grounding bukan masalah, mungkin saat pasang grounding ada kabel ketarik dsb.
Tambahan grounding bukan masalah, mungkin saat pasang grounding ada kabel ketarik dsb.
- choElo98
- GC Maniac
- Posts: 1620
- Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
- Location: Padang-Pariaman-Bukittingi
Re: WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
baru ngerti cara kerja lampu charger , tq pa'de
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "
Mari Rame_in Forum
Mari Rame_in Forum
-
- GC Noob
- Posts: 18
- Joined: Sat Jul 19, 2014 10:33 am
Re: mohon bimbingannya..
Om gm caranya membersihkan kaca lampu depan sudah buram.. Mohon penjelasan nya dari senior..
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA: Lampu indikator charge nyala-mati (tak beraturan)
"Ľºõõĥ...kan om cho dah pernah ngoprek jalurnya ?choElo98 wrote:baru ngerti cara kerja lampu charger , tq pa'de