WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
Om 2 sekalian mau nanya yg udah pernah pindah aki kebagasi..tolong donk share pengalamannya, caranya, kelebihan dan kekurangannya apa aja yg dibutuhin jalur2 kabelnya..makasih sebelumnya
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
Kalo kelebihan & kekurangannya sih keknya relatip om.. Bagi yg suka, kekurangan bisa jadi kelebihan..
Tapi karena kebanyakan tujuan mindah aki ke bagasi supaya ruang mesin jadi bersih/ lapang... Mungkin ini aja kelebihannya.
Konsekuensinya... Ruang bagasi jadi tersita (kecuali bareng audio dibagasi), resiko uap asam timbal masuk kabin (kecuali dibuatkan ventilasi kusus), butuh kabel besar (lumayan mahal) sebagai instalasinya.
Kalo caranya sih...biasanya tergantung konsepnya...beda konsep bada caranya.
Tapi karena kebanyakan tujuan mindah aki ke bagasi supaya ruang mesin jadi bersih/ lapang... Mungkin ini aja kelebihannya.
Konsekuensinya... Ruang bagasi jadi tersita (kecuali bareng audio dibagasi), resiko uap asam timbal masuk kabin (kecuali dibuatkan ventilasi kusus), butuh kabel besar (lumayan mahal) sebagai instalasinya.
Kalo caranya sih...biasanya tergantung konsepnya...beda konsep bada caranya.
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
mudah" an bisa bantu nambahin yang pa de gung walaupun blm sempet saya kerjain tapi barangnya sudah ada di gudang. yang saya tau om. kl aki mau pindah wajib aki kering. supaya tidak ada tumpahan air aki. untuk sedan biayanya agak mahal. kabel wajib yang bagus. dan kalau bisa kabel (+) dan (-) tidak di satukan/ di tempelkan.dan kalau bisa untuk (+) di beli kabel warna merah agak gak ke tuker.
posisinya (+) nyambung ke dinamo starter. panjang untuk sedan harus 4 meter. 1 meter saya beli dng harga 60 ribu.
posisi kabel (-) bisa di bikin ground ke bodi dan ke dpn mesin. kl saya ambil posisi aslinya. dekat tempat dudukan kopling om.
walaupun blm saya pindahkan tapi kl om bongkar sendiri pasti saya yakin om bisa. dan kl bongkar sendiri pasti om akan lebih tau seluk beluk kabel om.
selamat mencoba om. mohon maap kl pencerahan saya kurang mengerti mungkin bawah saya bisa jelasin terperinci..
posisinya (+) nyambung ke dinamo starter. panjang untuk sedan harus 4 meter. 1 meter saya beli dng harga 60 ribu.
posisi kabel (-) bisa di bikin ground ke bodi dan ke dpn mesin. kl saya ambil posisi aslinya. dekat tempat dudukan kopling om.
walaupun blm saya pindahkan tapi kl om bongkar sendiri pasti saya yakin om bisa. dan kl bongkar sendiri pasti om akan lebih tau seluk beluk kabel om.
selamat mencoba om. mohon maap kl pencerahan saya kurang mengerti mungkin bawah saya bisa jelasin terperinci..
--- AERO SH 4 ' 89 ---
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
Ikut nyimak om, masih bimbang jg nih mau dipindahin belakang apa ngga... denger cerita yg om kris ampe kebakar gt serem jg...
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
Negatipnya ga perlu tarik kedepan om, cukup di body bagasi terdekat saja, tapi harus kuat.rezayolando25 wrote:mudah" an bisa bantu nambahin yang pa de gung walaupun blm sempet saya kerjain tapi barangnya sudah ada di gudang. yang saya tau om. kl aki mau pindah wajib aki kering. supaya tidak ada tumpahan air aki. untuk sedan biayanya agak mahal. kabel wajib yang bagus. dan kalau bisa kabel (+) dan (-) tidak di satukan/ di tempelkan.dan kalau bisa untuk (+) di beli kabel warna merah agak gak ke tuker.
posisinya (+) nyambung ke dinamo starter. panjang untuk sedan harus 4 meter. 1 meter saya beli dng harga 60 ribu.
posisi kabel (-) bisa di bikin ground ke bodi dan ke dpn mesin. kl saya ambil posisi aslinya. dekat tempat dudukan kopling om.
walaupun blm saya pindahkan tapi kl om bongkar sendiri pasti saya yakin om bisa. dan kl bongkar sendiri pasti om akan lebih tau seluk beluk kabel om.
selamat mencoba om. mohon maap kl pencerahan saya kurang mengerti mungkin bawah saya bisa jelasin terperinci..
Lalu pasang ground dari mesin ke body di beberapa titik dg kabel yg sama besar dg kabel (+) tadi.
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
Pa'de Gung wrote:Negatipnya ga perlu tarik kedepan om, cukup di body bagasi terdekat saja, tapi harus kuat.rezayolando25 wrote:mudah" an bisa bantu nambahin yang pa de gung walaupun blm sempet saya kerjain tapi barangnya sudah ada di gudang. yang saya tau om. kl aki mau pindah wajib aki kering. supaya tidak ada tumpahan air aki. untuk sedan biayanya agak mahal. kabel wajib yang bagus. dan kalau bisa kabel (+) dan (-) tidak di satukan/ di tempelkan.dan kalau bisa untuk (+) di beli kabel warna merah agak gak ke tuker.
posisinya (+) nyambung ke dinamo starter. panjang untuk sedan harus 4 meter. 1 meter saya beli dng harga 60 ribu.
posisi kabel (-) bisa di bikin ground ke bodi dan ke dpn mesin. kl saya ambil posisi aslinya. dekat tempat dudukan kopling om.
walaupun blm saya pindahkan tapi kl om bongkar sendiri pasti saya yakin om bisa. dan kl bongkar sendiri pasti om akan lebih tau seluk beluk kabel om.
selamat mencoba om. mohon maap kl pencerahan saya kurang mengerti mungkin bawah saya bisa jelasin terperinci..
Lalu pasang ground dari mesin ke body di beberapa titik dg kabel yg sama besar dg kabel (+) tadi.
Nah pa de gung betul juga tuh.. memang betul bisa seperti itu.
kl masalah kebakaran om kris, Mungkin kl liat alur kabel (+) dan (-) karena bersatu.. intinya kabel ground jangan sampe bersatu aja.. makanya kl mau main pindah aki, kl bisa wanti" ke bengkel atau kl bisa D.I.Y lebih baik dr pada buang duit ke bengkel dan beli kabelnya aja dah mahal..
mksh pa de gung pencerahannya..
--- AERO SH 4 ' 89 ---
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
Nyumbang cerita ya om...
Waktu aki GC saya di belakang, pertama nyoba pake kabel audio gagal walopun sudah rangkap 3 tarikan untuk + dan 2 tarikan untuk -. Starter gak mau nyala.
Trus nemu kabel listrik agak besaran di kantor (lupa ukurannya), tarikan kabel saya bikin: 1 kabel + buat starter, 1 kabel plus buat ke fuse box (ukuran sedikit lebih kecil), 1 kabel - buat ke ground di ruang mesin, 1 kabel - buat ground di bagasi. Aki saya masih pake aki basah, karena ngeri uap nya masuk kabin, aki saya masukan ke box plastik tertutup dan diberi selang napas ke luar bagasi melalui celah ventilasi bagasi.
Kabel + dari bagasi menuju starter dan fuse box cukup panjang dan khawatir terjadi konslet, saya pasang sikring (ini juga nemu di kantor) 80A untuk starter dan 60A untuk jalur ke fuse box. Akhirnya starter aman, mobil bisa jalan. Terakhir sikring saya ganti dengan breaker yang biasa buat audio 100A, supaya kalo ada konslet breaker ngetrip dan bisa direset. Pernah waktu macet di tol tiba2 mesin mati, kelistrikan mati semua.....sempet panik diklaksonin mobil di belakang, langsung buka bagasi, ternyata breakernya trip, saya coba reset gak bisa2....hadeuh mulai keringetan dah..., beberapa saat dicoba lagi baru bisa... legaaa, ternyata perlu waktu beberapa saat untuk bisa direset.
Sebaiknya kabel + dari aki ke starter dan fuse box tersebut harus benar2 aman, tidak mudah terkelupas (tambahin pelindung kabel juga), jangan sampai konslet karena terhubung langsung ke aki tanpa fuse pengaman.. Atau gunakan fuse besar yang buat audio yang kualitasnya bagus (harganya mayan mahal).
Waktu aki GC saya di belakang, pertama nyoba pake kabel audio gagal walopun sudah rangkap 3 tarikan untuk + dan 2 tarikan untuk -. Starter gak mau nyala.
Trus nemu kabel listrik agak besaran di kantor (lupa ukurannya), tarikan kabel saya bikin: 1 kabel + buat starter, 1 kabel plus buat ke fuse box (ukuran sedikit lebih kecil), 1 kabel - buat ke ground di ruang mesin, 1 kabel - buat ground di bagasi. Aki saya masih pake aki basah, karena ngeri uap nya masuk kabin, aki saya masukan ke box plastik tertutup dan diberi selang napas ke luar bagasi melalui celah ventilasi bagasi.
Kabel + dari bagasi menuju starter dan fuse box cukup panjang dan khawatir terjadi konslet, saya pasang sikring (ini juga nemu di kantor) 80A untuk starter dan 60A untuk jalur ke fuse box. Akhirnya starter aman, mobil bisa jalan. Terakhir sikring saya ganti dengan breaker yang biasa buat audio 100A, supaya kalo ada konslet breaker ngetrip dan bisa direset. Pernah waktu macet di tol tiba2 mesin mati, kelistrikan mati semua.....sempet panik diklaksonin mobil di belakang, langsung buka bagasi, ternyata breakernya trip, saya coba reset gak bisa2....hadeuh mulai keringetan dah..., beberapa saat dicoba lagi baru bisa... legaaa, ternyata perlu waktu beberapa saat untuk bisa direset.
Sebaiknya kabel + dari aki ke starter dan fuse box tersebut harus benar2 aman, tidak mudah terkelupas (tambahin pelindung kabel juga), jangan sampai konslet karena terhubung langsung ke aki tanpa fuse pengaman.. Atau gunakan fuse besar yang buat audio yang kualitasnya bagus (harganya mayan mahal).
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
Wahh...pake 3x kabel audio ga kuat ya..?
Waktu pake kabel audio, kabel (-) nya tarik ke depan apa di body bagasi aja om..?
Waktu pake kabel audio, kabel (-) nya tarik ke depan apa di body bagasi aja om..?
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
alhamdulillah banyak yang respon..Pa'de Gung sebenernya gara2 kemarin coba wiretuck sendiri sm temen yg hasilnya msih berantakan kurang rapih dan karena mau naik injeksi sekalian pasang open filter makanya kepikiran mau pindah aki dibagasi..biar lebih rapih engine bay nya tp salah satu kekhawatiran saya ya itu arus jd ga maksimal dan masalah safety..ada temen bengkel nyaranin pake kabel las listrik dan pasangnya lewat jalur rem yg penting ga deket tangki gtu tp kemarin coba cari kabelnya blm nemu..dan sempet liat diluar sana ada beberapa tool yg dipake seperti box aki dr plastik yg seperti toolbox alias tempat kunci cari2 jg belum nemu dan ada yg pake seperti jack yg warna merah n biru buat stop kontak akinya..untuk sekring seperti yg om dicky pake kemarin udah nyicil beli sikring audio tp cm satu doank kiranya klo om reza atau om2 yg lain bikin thread khusus battery tuck akan sangat membantu hehehe..
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: WTA RELOKASI AKI KEBAGASI BELAKANG
Sebenarnya pindah aki ke belakang bukan masalah sulit. Yg agak sulit mentukan kabelnya mo lewat mana...sampai ke dinamo stater. Masalahnya kabel besar ini harus dipasang rapi dan tidak mencolok.
Menurut saya yg penting selesaikan dulu instalasi kabel mesin dan lampu²nya sesuai konsep. Toh kabel aki harus terpisah dari ikatan kabel jaringan lainnya.
Menurut saya yg penting selesaikan dulu instalasi kabel mesin dan lampu²nya sesuai konsep. Toh kabel aki harus terpisah dari ikatan kabel jaringan lainnya.