discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
-
devha
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 84
- Joined: Mon Oct 12, 2015 1:18 pm
- Location: Bondowoso (Jatim) - Tabanan(Bali).. AAP
Post
by devha » Sat Dec 03, 2016 11:58 am
udah ketemu masalahnya,,, kata bengkelnya thermostat kompresosnya sudah lemah..( katanya fungsinya untuk cut off apabila mesin over heat...saya juga kurang paham
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
) letak alatnya di kompresor om..jadi kabelnya di langsungin,, bahaya gak om kalo dilangsungin tanpa alat tersebut.. ?..
kalo acnya sudah mak nyuss dingin..
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Sat Dec 03, 2016 6:28 pm
thermoswitch kompresor, fungsinya cut off bila kompresor terlalu panas. kalo ini mati berarti hanya kompresor aja yg mati. jadi rpm harusnya naik..karena idle up tetep on.
selama semua berjalan normal, tanpa thermo aman2 aja.
perlu waspada jika ac on terlalu lama/ kompresor bekerja terlalu lama. misal ac on saat mobil berhenti.., ac on dan ga bisa auto off karena kurang dingin..dsb.
-
devha
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 84
- Joined: Mon Oct 12, 2015 1:18 pm
- Location: Bondowoso (Jatim) - Tabanan(Bali).. AAP
Post
by devha » Sun Dec 04, 2016 1:56 pm
makasih pak de gung atas infonya..sekarang saya udah gak was was lagi bawa si ipik..
![Thumbs up! :-BD](./images/smilies/113.gif)
-
AnkKayz
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 255
- Joined: Thu Nov 13, 2014 8:15 pm
-
Contact:
Post
by AnkKayz » Tue Dec 06, 2016 1:01 pm
Ikut Nnya masalah kondensor nh..
Antara kondensor yg sirip" besar (ori) sama yg sirip"a kecil (universal) tu perbedaan'a gmn ya.? Trz bagusan yg mana ya.?
-
tab
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 37
- Joined: Tue Dec 29, 2015 2:44 pm
- Location: Kendal
Post
by tab » Tue Dec 06, 2016 3:51 pm
AnkKayz wrote:Ikut Nnya masalah kondensor nh..
Antara kondensor yg sirip" besar (ori) sama yg sirip"a kecil (universal) tu perbedaan'a gmn ya.? Trz bagusan yg mana ya.?
Kalo saya bagus yg sirip2 kecil om, soalnya meringankan kerja kompresor. saya pakai kondensor universal yg jarak siripnya sekitar 5mm (ada +/- 54 ruas sirip, punya GC cuma 16).
Dan udah terbukti saat terik matahari pakai tingkat 2 aja dah cukup (buat 2 orang). Dinginnya dalam kabin juga pengaruh dari gelapnya kaca film, saya pakai kaca film samping 80%, depan 40% biar matahari gak masuk banyak.
Tapi ada kelemahannya om, kalo waktu hujan pakai AC tingkat 1 aja udah dingin banget. Ini karena fungsi Heater punya saya rusak gak bisa diputer. hehe..
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Tue Dec 06, 2016 6:19 pm
Fungsi kondensor mirip dengan radiator. Bedanya kondensor untuk mendinginkan freon yg panas saat keluar dari kompresor. Freon panas masuk ke kondensor yg berupa pipa berkelok panjang. Jadi semakin panjang pipa dari ujung masuk sampai keluar, semakin lama freon melewati kondensor, semakin optimal hasil pendinginannya dan volume freon juga lebih banyak.
-
AnkKayz
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 255
- Joined: Thu Nov 13, 2014 8:15 pm
-
Contact:
Post
by AnkKayz » Wed Dec 07, 2016 8:58 am
tab wrote:
Kalo saya bagus yg sirip2 kecil om, soalnya meringankan kerja kompresor. saya pakai kondensor universal yg jarak siripnya sekitar 5mm (ada +/- 54 ruas sirip, punya GC cuma 16).
Dan udah terbukti saat terik matahari pakai tingkat 2 aja dah cukup (buat 2 orang). Dinginnya dalam kabin juga pengaruh dari gelapnya kaca film, saya pakai kaca film samping 80%, depan 40% biar matahari gak masuk banyak.
Tapi ada kelemahannya om, kalo waktu hujan pakai AC tingkat 1 aja udah dingin banget. Ini karena fungsi Heater punya saya rusak gak bisa diputer. hehe..
Oh gt ya.. Ada foto'a gak om,, Harga'a brp.?
Lngsung PnP atau mesti ada yg d robah om.?
-
AnkKayz
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 255
- Joined: Thu Nov 13, 2014 8:15 pm
-
Contact:
Post
by AnkKayz » Wed Dec 07, 2016 9:08 am
Pa'de Gung wrote:Fungsi kondensor mirip dengan radiator. Bedanya kondensor untuk mendinginkan freon yg panas saat keluar dari kompresor. Freon panas masuk ke kondensor yg berupa pipa berkelok panjang. Jadi semakin panjang pipa dari ujung masuk sampai keluar, semakin lama freon melewati kondensor, semakin optimal hasil pendinginannya dan volume freon juga lebih banyak.
Oh gt ya pa'de.. Berarti yg sirip kecil lebih bagus ya..
Btw klo ada masalah d kondensor bisa pengaruh ke cut off'a kompresor gak pa'de.? Cz klo posisi mobil diam jd gak bisa cut off, tp klo kondensor d siram air baru bisa cut off..
Beda lgi klo posisi mobil jalan sh cut off'a normal" z..
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Wed Dec 07, 2016 2:12 pm
sirip/ kisi fungsinya meratakan penyebaran panas dari pipa supaya panas mudah lepas bersama angin yg melewati kisi.
Semakin dingin freon yg keluar dari kondensor semakin dingin juga hasil di evap. jadi jelas pengaruh terhadap cut off / pencapaian suhu dingin.
makanya dengan disiram air bisa cut off, artinya lebih dingin.
menambah extra fan di depan kondensor bisa cukup membatu.
condensorfan.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
AnkKayz
- GC Lover
![GC Lover GC Lover](./images/ranks/screwdriver_rank_2.gif)
- Posts: 255
- Joined: Thu Nov 13, 2014 8:15 pm
-
Contact:
Post
by AnkKayz » Wed Dec 07, 2016 3:35 pm
Oh yapz"..
Kalo buat bersihin jalur" dalem'a klo dgn cara flushing gt efektif gak ya pa'de.?
Klo ganti kondensor yg sirip"a kecil tu nyarinya kondensor apa ya.?mungkin pa'de tau..
cz klo khusus buat gc kan gak ada ya..
Ya yg gak mesti banyak perubahan'a gt..hehe