Tentang Busi
Re: Tentang Busi
Wah boleh di coba tuh kaya nya ya.. kalau emang perbedaan jauh dgn yg std nya dan apa lagi kalo lebih irit konsumsi benzin na...
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Tentang Busi
Udah Om.....campur Xylene....arie aja wrote:di thread yang lain juga ada cara hemat bensin tuh.. dicampur aseton bensinnya...ada yg berani coba??
Cobain deh... ;)
Rekomended
Grandcivic Kaca Gelap
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: Tentang Busi
nah loo....
gini aja sekarang bikin persamaan n perbedaan dari busi K20EP ( std zebra yang di aplikasi di gc ), dengan ngk ZFR5F-11 ataw dengan busi laen yang pernah di pake, plus minus nya semua
kalo yang aku rasain dari autolite, K20EP, denso, ngk
yang paling kerasa enak di K20EP, kenapa?? karena kerasa lebih enteng n responsif banget
kalo potong gap busi aku belom coba, bang jendral ijo tuh yang udah potong gap
ayo gimana yang laen
gini aja sekarang bikin persamaan n perbedaan dari busi K20EP ( std zebra yang di aplikasi di gc ), dengan ngk ZFR5F-11 ataw dengan busi laen yang pernah di pake, plus minus nya semua
kalo yang aku rasain dari autolite, K20EP, denso, ngk
yang paling kerasa enak di K20EP, kenapa?? karena kerasa lebih enteng n responsif banget
kalo potong gap busi aku belom coba, bang jendral ijo tuh yang udah potong gap
ayo gimana yang laen
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: Tentang Busi
Betul Om Saitama, K20PU nya zebra berasa lebih nendang, saya bandingin sama yg std dan yang iridium (ktnya bawaan new CRV)...
Yang std dan iridium resistannya masih besar, cuman yang iridium percikannya lebih fokus secara ujung elektrodanya lancip.
Gambar berikut berderet busi std GC, zebra, iridium...
reloaded pict..
![Very Happy :-D](./images/smilies/icon_e_biggrin.gif)
Gambar berikut berderet busi std GC, zebra, iridium...
reloaded pict..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Kurniawan dicky on Thu Jul 02, 2009 11:57 am, edited 3 times in total.
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: Tentang Busi
eh K20PU yahh....
heheheh sori salah kasih kode....
om potonya gak kluar.......
heheheh sori salah kasih kode....
om potonya gak kluar.......
Re: Tentang Busi
ngikut ganti ahhhhhh .................................
Om Saitam .. potonya kluar tuw .
Om Saitam .. potonya kluar tuw .
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: Tentang Busi
laaahhhh........
di tempat q kok ga keluar yah oomm..... piye ikiiiiii
di tempat q kok ga keluar yah oomm..... piye ikiiiiii
Re: Tentang Busi
ga keluar gambarnya....
oya, mu nanya, gimana caranya mengetahui apakah masa pakai suatu busi sudah habis. apa harus nunggu sampe ngeberebet dulu?? kalo dari ciri fisik gimana?
oya, mu nanya, gimana caranya mengetahui apakah masa pakai suatu busi sudah habis. apa harus nunggu sampe ngeberebet dulu?? kalo dari ciri fisik gimana?
- saitama
- GC Whore
- Posts: 4056
- Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
- Location: AKDP Surabaya-Madiun
- Contact:
Re: Tentang Busi
bah bisa di liat dari percikan apinya, caranya
ambil 1 busi yang nancep di mesin trus di tes, kalo apinya utuh di tengah antara batang katoda ke dinding anodanya berarti masih sehat tinggal liat aja warna ujung kepala businya apa, kalo mengarah ke putih bagus, mengarah ke item jelek.... idealnya coklat bata
kalo percikan apinya keluar dari saming2 juga berarti udah bocor n mulai rusak, secepatnya di ganti..
gitruuuu
ambil 1 busi yang nancep di mesin trus di tes, kalo apinya utuh di tengah antara batang katoda ke dinding anodanya berarti masih sehat tinggal liat aja warna ujung kepala businya apa, kalo mengarah ke putih bagus, mengarah ke item jelek.... idealnya coklat bata
kalo percikan apinya keluar dari saming2 juga berarti udah bocor n mulai rusak, secepatnya di ganti..
gitruuuu
Re: Tentang Busi
ini sama dengan pertanyaan apa yg disebut busi mati?abah wrote:ga keluar gambarnya....
oya, mu nanya, gimana caranya mengetahui apakah masa pakai suatu busi sudah habis. apa harus nunggu sampe ngeberebet dulu?? kalo dari ciri fisik gimana?
busi modar karena centre elektrode tingkat resistansinya sudah makin tinggi. sehingga daya hantar voltage dari koil tidak mampu tersalur ke ujung busi. wajarlah busi mati karena pada masa pemakaiannya secara terus menerus centre elektroda akan berubah sifatnya menjadi high resistance.
dari situ lah bisa ditentukan masa pakai busi. paling mudah pakai avometer. lantas ukur resistan busi. kalau misal standat resistan busi adalah 5 kilo ohm lantas setelah massa pemakaian menjadi 15 kilo ohm artinya performa busi sudah turun. itu ditandai dengan performa mesin yang kurang sip.
nah, tingkat resistan yang makin tinggi tersebut menyebabkan kualitas api saat memercik jadi merah.
nah kalau busi percikannya sudah menyebar akibat bocor, artinya itu busi rusak. bukan karena massa pakai, tp emang cacat produksi.
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)