adeindra wrote:
wah yang punya boil nih yang harusnya jawab.... tapi kalo ennga salah kalo di set di 4500, mesin dengan cam ennga lagi standar (RS dengan bukaan 300sekian derajat) kaya punya die, masih belum butuh vtecnya aktif... kalo 5200 baru passssss
beneran beda dah rasanya ama bawa boil gue.....apalagi pas RPM diatas 4000
tapi kaki kiri pegel banget oiii maklum kopling racing
ehm..cuma menambahkan... kalau di set di rpm dibawah 5000, vtec nya akan aktif terlalu dini.akibatnya, waktu di rpm 8000-9000 an (malah kalau durasi 300 derajat lebih bisa sampe 10000 rpm - asal jeroan mesinnya kuat) tenaga puncak yg dihasilkan dari profil kem tingginya bakal kelewat dan turun lagi..(seperti yg kita tahu,klo di grafik dyno test stelah tnaga puncak tercapai grafiknya akan turun lagi..)
selain itu apabila vtec aktif terlalu dini, sebelum tenaga puncak yg dihasilkan dari profil kem rendah tercapai,udh kburu disambung sama tenaga yg dihasilkan oleh profil kem tinggi. Akibatnya ada tenaga yg mubazir...
Dalam kasus mobilnya chandra,kalau vtec aktifnya di set di rpm 5000an (4950 - 5200 rpm), tenaga akan naik mulai dari rpm rendah sampai di 5200 rpm (dimana tenaga puncak dari profil kem rendah tercapai),lalu vtec akan aktif dan profil kem akan berganti menjadi profil kem tinggi, tenaga yg sudah dicapai di 5200 rpm tadi akan terus naik sampai tenaga paling maksimal yg dapat dihasilkan oleh profil kem tinggi...
Begitulah kira2.. btw, klo di mobil saya di set nya kebetulan pas di 5000 rpm, soalnya profil kem durasi tinggi nya cm 290 derajat - dan hanya bisa digeber sampe 8200 rpm (puncak tenaganya - berdasarkan manual dari kem nya - ada di rpm 8200, lagian lebih dari itu jg metal2 mesin gw gk bakal kuat )
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)