BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS?? (TURUN MESIN DEH)
BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS?? (TURUN MESIN DEH)
Mau tanya nih.. Tadi iseng mau ganti busi GC dari sebelumnya pake Denso K-20PR-U coba ganti Denso K-20PU.. Mencengangkan keempat busi GC saya basah olie semua.. yang aneh kondisinya kayak dicelupin ke olie, soale basah olienya sampe ke pangkal keramik businya.. pas dicabutin satu-satu dari kunci busi, olie juga netes-netes dari kunci businya
Paling parah pernah lihat busi basah olie, paling di elektrodanya doang nggak sampe ke keramiknya.. Kira-kira masalah di ring seher, atau waktu pemasangan busi sebelumnya nggak cukup kencang masangnya ya? Ada hubungannya gak ya sama bunyi tek-tek di head mesin?
Anehnya selama ini nggak ada penurunan performa mesin, tarikan enak lumayan enteng, FC juga kalo ke luar kota terakhir test paling irit bisa 1:14,2 dalam kota rata-rata 1:11,5.. RPM 3000 di gigi5 masih nyampe 100kpj rasanya sih nggak ada yang aneh di performa mesin
Ada yang pernah ngalamin begini gak? O iya kalo pagi baru dinyalain emang mesin terasa pincang/mbrebet.. tapi 1-2 menit kemudian rata lagi mesinnya..
Tadi Setelah ganti busi baru, mesin dinyalain pincang dulu, tapi kemudian rata lagi.. Hmm.. aneh
Niatnya mau overhaul sih.. cuma penasaran kok bisa banjir olie gitu businya kompak berempat ya?
pencerahannya dong..
Paling parah pernah lihat busi basah olie, paling di elektrodanya doang nggak sampe ke keramiknya.. Kira-kira masalah di ring seher, atau waktu pemasangan busi sebelumnya nggak cukup kencang masangnya ya? Ada hubungannya gak ya sama bunyi tek-tek di head mesin?
Anehnya selama ini nggak ada penurunan performa mesin, tarikan enak lumayan enteng, FC juga kalo ke luar kota terakhir test paling irit bisa 1:14,2 dalam kota rata-rata 1:11,5.. RPM 3000 di gigi5 masih nyampe 100kpj rasanya sih nggak ada yang aneh di performa mesin
Ada yang pernah ngalamin begini gak? O iya kalo pagi baru dinyalain emang mesin terasa pincang/mbrebet.. tapi 1-2 menit kemudian rata lagi mesinnya..
Tadi Setelah ganti busi baru, mesin dinyalain pincang dulu, tapi kemudian rata lagi.. Hmm.. aneh
Niatnya mau overhaul sih.. cuma penasaran kok bisa banjir olie gitu businya kompak berempat ya?
pencerahannya dong..
Last edited by ariphrp on Sat Oct 03, 2009 6:11 pm, edited 1 time in total.
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
Fenomena yang menarik nih om, coba tadi jangan ganti busi, pasti gak kaget hehehehe...
kalo overhaul, pasti bisa ngejar 1:22 deh....
Kalo terjadi ketidaktepatan pasang busi dan ada kelemahan seal busi di cover head, oli membasahi mulai dari keramik. Dan jarang oli bisa muncrat banyak lewat seal dan masuk ke lubang busi sebab lubang busi itu ada corong lubang yang lumayan tinggi.
Coba, ganti busi dulu, trus nyalakan mesin beberapa saat, apakah punya gejala yang sama.
kalo overhaul, pasti bisa ngejar 1:22 deh....
Kalo terjadi ketidaktepatan pasang busi dan ada kelemahan seal busi di cover head, oli membasahi mulai dari keramik. Dan jarang oli bisa muncrat banyak lewat seal dan masuk ke lubang busi sebab lubang busi itu ada corong lubang yang lumayan tinggi.
Coba, ganti busi dulu, trus nyalakan mesin beberapa saat, apakah punya gejala yang sama.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
punya saya juga kek gitu...tp cuma 1 busi aja....mungkin itu cuma seal busi di cover headnya ya....
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
Iya Oom tadi dah ganti K20PU dipanasin bentar.. besok pagi mau coba buka sebelum nyalain mesin pagi.. ada bekas olie ato nggak..pauluspaska wrote:Fenomena yang menarik nih om, coba tadi jangan ganti busi, pasti gak kaget hehehehe...
kalo overhaul, pasti bisa ngejar 1:22 deh....
Kalo terjadi ketidaktepatan pasang busi dan ada kelemahan seal busi di cover head, oli membasahi mulai dari keramik. Dan jarang oli bisa muncrat banyak lewat seal dan masuk ke lubang busi sebab lubang busi itu ada corong lubang yang lumayan tinggi.
Coba, ganti busi dulu, trus nyalakan mesin beberapa saat, apakah punya gejala yang sama.
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
sil mangkok busi bocor tuh om...sok ganti daripada busi berendam terus
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
Posisinya di mana Oom? head mesin ya? pas di lubang busi paling dasar ya? itu parts terpisah dari head?meneer wrote:sil mangkok busi bocor tuh om...sok ganti daripada busi berendam terus
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
Satu lagi yang gw heran.. biasanya pasti knalpot berasep terus dong? kok GC gw gak berasep ya? tapi emang olie agak mencurigakan sukak kurang tanpa ada bocor di lantai parkiran
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
wutul om..pasangna kudu copot rocker klep.CMIIW...
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
OK Oom.. mo check ke manual service GC dulu deh.. supaya bengkelnya juga nggak nebak-nebak.. maklum aja belom nemu bengkel yang sreg banged soal mesin nih..
Re: BUSI BASAH OLIE SEMUA.... HOW BAD IT IS??
yup om...better lah ituariphrp wrote:OK Oom.. mo check ke manual service GC dulu deh.. supaya bengkelnya juga nggak nebak-nebak.. maklum aja belom nemu bengkel yang sreg banged soal mesin nih..
ni gw ajah langsung buka manual book
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat