ngerubah matic ke manual
- dickynurindra
- GC Noob
- Posts: 183
- Joined: Sun Mar 28, 2010 11:41 pm
- Location: malang _surabaya_sidoarjo_ponorogo_
ngerubah matic ke manual
Om apa aja yg d perlukan untuk. Ngerubah tranmiSi matic ke manual,cos kondisi matic ga sesuai dgan harapan alias lemot abis...klo ada info mengenai harga tranmisi manual lengkap set termasuk pedal rem gas kopling n tuas transmisi.please help me...
Trimss
[Post made via Mobile Device]
Trimss
[Post made via Mobile Device]
Re: ngerubah matic ke manual
dah kuras total semua oli transmisi?
cek kondisi jeroan transmisi?
cek kondisi jeroan transmisi?
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: ngerubah matic ke manual
Lemotnya kayak apa om?
Kalau om mengharapkan respon kayak manual, gak bisa om, kecuali om ganti mesin lebih gede dan matik yang tahan banting.
Ini yang saya lakukan dengan GC matik saya:
1. PnP + turun mesin oversize 50 (rada boros, tapi maknyusss)
2. Header kansai 4-2-1
3. Pengapian dengan relay
4. Matik Singapore, yang lama jebol karena buat tarik-tarikan. Yang singapore ada lock up solenoidnya jadi bisa mode sport dan econo
Coba googling topik modif peningkatan performa mobil matik, banyak yang bilang kombinasi seperti di atas itu. Pengapian lebih maknyuss lagi pakai external koil.
Kalau om mengharapkan respon kayak manual, gak bisa om, kecuali om ganti mesin lebih gede dan matik yang tahan banting.
Ini yang saya lakukan dengan GC matik saya:
1. PnP + turun mesin oversize 50 (rada boros, tapi maknyusss)
2. Header kansai 4-2-1
3. Pengapian dengan relay
4. Matik Singapore, yang lama jebol karena buat tarik-tarikan. Yang singapore ada lock up solenoidnya jadi bisa mode sport dan econo
Coba googling topik modif peningkatan performa mobil matik, banyak yang bilang kombinasi seperti di atas itu. Pengapian lebih maknyuss lagi pakai external koil.
Grandcivic Kaca Gelap
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: ngerubah matic ke manual
btw, biaya merubah GC matik ke manual besar sekali Om, trus GC om udah gak orisinil banget. Itu pendapat aku om..
Grandcivic Kaca Gelap
- ijosambeliler
- GC Noob
- Posts: 96
- Joined: Sat Apr 17, 2010 4:16 pm
Re: ngerubah matic ke manual
jabat erat bwt om dickynur 'n om paulus ku jg matic (lx)..
slm lbh krg 3 bln ku pake ni matic ga rewel seh,cuma msh krg mantap ja tarikannya..diklaksonin mulu ma boil di blkg minta jalan duluan spt ad yg membebani/nahan laju lx ku,krg los gitu pas injek gas..pa plat koplingnya om paulus
ku ga muluk2 asal performa bs standar matic aj dah ckp,skrg msh kurang rasanya..
btw om paulus brp duit ubahan mesin dll spt yg om lakuin biar maknyus gitu..?
slm lbh krg 3 bln ku pake ni matic ga rewel seh,cuma msh krg mantap ja tarikannya..diklaksonin mulu ma boil di blkg minta jalan duluan spt ad yg membebani/nahan laju lx ku,krg los gitu pas injek gas..pa plat koplingnya om paulus
ku ga muluk2 asal performa bs standar matic aj dah ckp,skrg msh kurang rasanya..
btw om paulus brp duit ubahan mesin dll spt yg om lakuin biar maknyus gitu..?
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: ngerubah matic ke manual
Hellow sesama Matic hehehe
Kalau berasa berat, apakah mesinnya fit? oli matic rajin dikuras?
Kalau kopling kayaknya gak deh, coba cek waktu masuk ke D4, apakah mobil jalan sendiri di jalanan rata (rem tangan dilepas). kalau jalan berarti saluran oli matic masih bagus. Belum pernah ada yang namanya ganti kopling matic. IMHO.
Kalau saya merasa mesin jadi berat, biasanya saya tune up mesin, bukan maticnya (hehehe berhubung saya rajin kuras matic jadi yang tertuduh pasti mesin)
PnP kisaran 700 K - 1.5 K
Turun mesin dilakuken berhubung memang tenaga udah ngempos, kisaran 3 000 K
Header 4-2-1 kisaran 900 K - 1.5 K ada harga ada barang
Relay? DIY aja
Gearbox matic singapore 1.2 K udah termasuk oli idemitsu.
[Post made via Mobile Device]
Kalau berasa berat, apakah mesinnya fit? oli matic rajin dikuras?
Kalau kopling kayaknya gak deh, coba cek waktu masuk ke D4, apakah mobil jalan sendiri di jalanan rata (rem tangan dilepas). kalau jalan berarti saluran oli matic masih bagus. Belum pernah ada yang namanya ganti kopling matic. IMHO.
Kalau saya merasa mesin jadi berat, biasanya saya tune up mesin, bukan maticnya (hehehe berhubung saya rajin kuras matic jadi yang tertuduh pasti mesin)
PnP kisaran 700 K - 1.5 K
Turun mesin dilakuken berhubung memang tenaga udah ngempos, kisaran 3 000 K
Header 4-2-1 kisaran 900 K - 1.5 K ada harga ada barang
Relay? DIY aja
Gearbox matic singapore 1.2 K udah termasuk oli idemitsu.
[Post made via Mobile Device]
- ijosambeliler
- GC Noob
- Posts: 96
- Joined: Sat Apr 17, 2010 4:16 pm
Re: ngerubah matic ke manual
siap om paulus..kek nya om bakal jd tempat curhat matic aku neh smg tdk keberatan mhn advis2nya kelak di thread2 laen..smntara mohon ijin om dicky yg pny thread ni numpang dulu..
mesin tune up sdh,masuk gigi D4 mobil jalan sendiri spt yg om bilang..kek nya mesin msh ckp fit,jadi getu ya om transmisi tdk terlalu bermasalah biasanya mesin ya? tp perpindahan naiknya gigi scr otomatis (yg diatur putaran mesin bkn kita yg mindahin) terasa bgt..smpe bunyi "jeduk" kasar tdk alus gitu..ku prnh baca konon krn plat kopling dah tipis,tul ga om?pa krn oli transmisi dah saatnya ganti,bsk sgera ku ganti,om pake merk apa?brp hrgnya?tuk ubahan modifnya ku simpan catatan om,kl ku ad dana boleh tuh..thanx
mesin tune up sdh,masuk gigi D4 mobil jalan sendiri spt yg om bilang..kek nya mesin msh ckp fit,jadi getu ya om transmisi tdk terlalu bermasalah biasanya mesin ya? tp perpindahan naiknya gigi scr otomatis (yg diatur putaran mesin bkn kita yg mindahin) terasa bgt..smpe bunyi "jeduk" kasar tdk alus gitu..ku prnh baca konon krn plat kopling dah tipis,tul ga om?pa krn oli transmisi dah saatnya ganti,bsk sgera ku ganti,om pake merk apa?brp hrgnya?tuk ubahan modifnya ku simpan catatan om,kl ku ad dana boleh tuh..thanx
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: ngerubah matic ke manual
Saya pakai oli matic idemitsu berhubung waktu beli segelundung ex-singapore termasuk harga oli.
Kalau jedug gitu, cobain kuras.
Terus radiator yang panas, bikin matic jadi lelet.
saya juga kadang2 ngalamin bunyi jedug gitu, gara2 gas terlalu dalem. solusinya, nginjek gas lebih halus.
Kalau jedug gitu, cobain kuras.
Terus radiator yang panas, bikin matic jadi lelet.
saya juga kadang2 ngalamin bunyi jedug gitu, gara2 gas terlalu dalem. solusinya, nginjek gas lebih halus.
Grandcivic Kaca Gelap
- ijosambeliler
- GC Noob
- Posts: 96
- Joined: Sat Apr 17, 2010 4:16 pm
Re: ngerubah matic ke manual
thanx om bsk coba ganti oli transmisi..pauluspaska wrote:Saya pakai oli matic idemitsu berhubung waktu beli segelundung ex-singapore termasuk harga oli.
Kalau jedug gitu, cobain kuras.
Terus radiator yang panas, bikin matic jadi lelet.
saya juga kadang2 ngalamin bunyi jedug gitu, gara2 gas terlalu dalem. solusinya, nginjek gas lebih halus.
satu lagi yg ku ga ngerti PnP apa ya om ,mohon beri pencerahan dikit..
Re: ngerubah matic ke manual
PnP=porting n polish.
Porting= membuat ulang port intake/exhaust dng porting kit agar mendapat efisiensi volumetric yg lbh baik pd intake.
Polish= menghaluskan bekas porting atau bagian2 lainny..
[Post made via Mobile Device]
Porting= membuat ulang port intake/exhaust dng porting kit agar mendapat efisiensi volumetric yg lbh baik pd intake.
Polish= menghaluskan bekas porting atau bagian2 lainny..
[Post made via Mobile Device]