Temp Radiator dan Air Radiator
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
kalo, mesin di gas 2000 rpm, tutup radiator dibuka air radiator malah "muntah/meluber" normalkah ???kira2 apanya ya ??? ( ngk mengalir deras seperti yang di jelaskan mas pauluspaska)
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
Kelihatannya pompanya masih bagus tuh om Pur, tapi radiatornya yang mampet...
aliran dan tekanan air radiator itu mencari pelepasan, jadi kalau mampet ya akibatnya dia muncrat-muncrat...
aliran dan tekanan air radiator itu mencari pelepasan, jadi kalau mampet ya akibatnya dia muncrat-muncrat...
Grandcivic Kaca Gelap
- nareswari
- GC Maniac
- Posts: 1151
- Joined: Thu Nov 05, 2009 2:54 pm
- Location: Tasikmalaya - Bandung - Cimahi
- Contact:
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
waduh, nambah lagi nih PR buat si putih...arozi wrote:
eits... ati-ati itu gejala yang hampir saya alami kemarin beberapa minggu sebelum jebol mesin.
cepetan kuras radiator (bisa jadi banyak kerak, sumbatan atau sistem sirkulasi air yang macet entah selang, water pump, dll) jangan dibiarkan ..... dulu saya dah dinasihatin banyak tetua GC tapi nggak nurut.
Parahnya kalo dibiarin lama dan sering, air di radiator tetap kurang, air sebagian melintas ke blok mesin dan sebagian masuk ke cadangan. Biarkan sebentar hari pasti mesin dah melenting..... (wajib turun setengah). Padahal setiap pagi kita pasti jarang buka si tutup radiator dan cek air radiator tapi hanya melihat tinggi air di cadangan radiator... ya gak ?
dan ini ada tips dari om PP (paulus paska) menjawab tentang cek sirkulasi :
Re: cek waterpump
Sent at: Tue Dec 15, 2009 11:09 am
From: pauluspaska
To: arozi
Coba diperiksa saat mesin hidup Kang,
Tapi sebelumnya buka tutup radiator dulu, nyalakan mesin selama 30 menit dan lebih, sambil menunggu kipas radiator menyala, bisa bebersih mesin pakai solar.
Biasanya setelah 30 menit thermostat sudah bekerja.
Untuk memeriksa kekuatan pompa air, periksa waktu idle apakah sewatku thermostat membuka, aliran air di radiator terjadi.
Dan memeriksa kekuatan pompa waktu mesin berputar tinggi, gas mesin diatas 2000 rpm apakah air mengalir deras juga di radiator.
BRAVO OM PP !
iya juga sih Kang kemaren rada was was pas tau ada kedengar suara air mendidih.. kuras radiator deh brarti..
nerazzuriGC wrote:allahhuakbaaarrr....... mobilnya bikin dzikir mulu neh, supaya dapet rejeki bikin kaya gitu.. hahahahaha..... TOB OOOM!! POOLLL!
arozi wrote:huwaduhhhh
thx om kalo ni mobil bisa bikin tobatan nasuha
hahahahaha
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
kalo pake air isi ulang gimana bagus gak ya....
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
Kalo berdasarkan Teori :
1. Penyebab Korosi/Karat adalah kadar keasaman dari Air Radiator itu, Normal pH = 7 kalo kurang dari 7 berarti Asam, kalo lebih berarti Basa. Kalo basa biasanya banyak mengandung endapan.
2. Kadar Mineral dalam air itu sendiri (Fe = Besi) makin tinggi ya makin cepat korosinya..
Saran saya, coba cek pH pake kertas Lakmus, kalo pH=7 mudah2 an awet radiatornya. lebih afdolnya dicek juga kadar mineralnya.
Kalo pake Coolant, harus diliat dulu komposisi bahannya. Biasanya kalo Coolant yg bermerek campurannya Air Distilat + Coolant. kalo yg abal-2 belum tau juga komposisinya. Biar yakin mending meramu sendiri aja, Air distillat + Coolant.
1. Penyebab Korosi/Karat adalah kadar keasaman dari Air Radiator itu, Normal pH = 7 kalo kurang dari 7 berarti Asam, kalo lebih berarti Basa. Kalo basa biasanya banyak mengandung endapan.
2. Kadar Mineral dalam air itu sendiri (Fe = Besi) makin tinggi ya makin cepat korosinya..
Saran saya, coba cek pH pake kertas Lakmus, kalo pH=7 mudah2 an awet radiatornya. lebih afdolnya dicek juga kadar mineralnya.
Kalo pake Coolant, harus diliat dulu komposisi bahannya. Biasanya kalo Coolant yg bermerek campurannya Air Distilat + Coolant. kalo yg abal-2 belum tau juga komposisinya. Biar yakin mending meramu sendiri aja, Air distillat + Coolant.
- nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
- Contact:
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
the best pake air destilasi aja om.....pake ajah air accu (bukan accu zuur lhooo).....tapi yang bermerk/yang bagus selierna..sekitar 4000-6000K, klopake isi ulang ntar mineralna mengendap om...arazhi wrote:kalo pake air isi ulang gimana bagus gak ya....
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
Pake prestone aj om.Hehe
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device]
- Patric_Star
- GC Whore
- Posts: 3925
- Joined: Wed Apr 01, 2009 12:38 pm
- Location: Malang - Yogyakarta - Jakarta
- Contact:
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
cari air accu d toko yg tutupx warna biru, niy jg rekomendasi dari majalah n tabloidnanangsurya wrote:
the best pake air destilasi aja om.....pake ajah air accu (bukan accu zuur lhooo).....tapi yang bermerk/yang bagus selierna..sekitar 4000-6000K, klopake isi ulang ntar mineralna mengendap om...
Re: Temp Radiator dan Air Radiator
Setuju dengan om yang ini !!cokgus wrote:Pake prestone aj om.Hehe
[Post made via Mobile Device]