Sbb:
(A). Lokasi Bengkel Referensi: Bintaro Trade Centre, bintaro sek.9 / dekat bunderan mau ke arah tol dal kot (tol bintaro).
(B). Jenis bengkel dan toko onderdeilnya:
- Service Per, kaki-kaki, arm, bushing Arm, Per (naikkan/turunkan tinggi mobil),
Ganti karet-karet kaki, jagonya: "CAHAYA PER", BTC pusat onderdil lantai 2
C.P: mas Ikin (masternya cek n service kaki-2!!!) & mas Adi (satu level dibawah mas Ikin jagonya), tilpun 02195250016.
PS: Sumpeh, mrk cukup handal as long as temans-2 request u/ 'booking' sehari sebelum datang.
- Onderdil khusus Honda Spare Part: "Mandala Motor", C.P: kang Budi, 02194544066.
Orangnya straight to the point, suka kasih pilihan sesuai kebutuhan kita, tapi, agak sedikit ngk humble/cueks.
N.B: tawar harga hukumnya Wajib. Pasrah-2 aja 'haram'...hehehe!
Pengalaman GC 90 M/T gw:
A. Awal Masalah:
A.1. Depan: bermasalah dengan as roda kanan, dan bunyi kletek-2 pas full belok kiri ;
jika lepas kopling dari gigi 1 lanjut ke gigi 2, dan lepas gas dari gigi 2 ke 1, bunyi "kleteg"; karet penutup as steering kiri sobek; shockbrkr sudah megap-megap.
A.2. Mesin bergetar smp terasa dlm kabin / dashboard; rem depan koclok/ngk pakem
A.3. Belakang:
shock brkr idem nasibnya sama depan (sdh mate' sebelah malah, yg kanan); jika kena lobang kecil, poldur, maupun garis-garis marka jika kita mo bayar tol, bunyinya kaya' gerobak baso dikejar Kamtib; oleng san-sin di tol jika mulai masuk speed 80 km/jam ke atas.
Solusi:
Depan:
A.2. Ganti empat pcs engine mounting. Harga: 400rb / 4pcs, ogut campur-2 pakainya, yg paling depan kiri pake Ori (390rb), bawah kanan, ori (225rb/pcs), depan kanan-kiri kw1 (175rb/pcs x 2pcs)
A.1. biar empuk, tapi lumayan: shock ganti baru pk Kayaba (850rb) dan tambah karet stopper biar shock gampang balik n empuk jika kena bantingan
- hilangin bunyi pas belok kiri: ganti as roda dpn kanan, merk HDK-Jepun (asli/ngknya?, wallahu alam) (350rb/set sdh sama karet penutup laher dan gemuk. Ps: gemuk disarankan beli se-tube lagi, krn bawaannya cuma bisa isi 1/4-nya)
- bunyi kleteg pas ganti koplin?
ganti semua karet bushing di arm depan, kalo ngk salah ada 3 pcs per sisi (25rb/pcs), karet-2 dilong joint ganti jika long joint masih bagus (25rb/pcs; dan karet bushing as
steering bag. Kiri, gunanya menjaga as steering biar ngk gampang beset jika kena kotoran/kerikil-2 kecil, jika beset, pastine minyak pwr steering 'ngiler terus' dibagian tsb (35rb/pcs)
- ganti canvas rem jika booster masih bagus pengeremannya (ngk bagel), cek booster kit-2nya apa ada tg masih berfungsi dgn baik, n cek master bawah yg ada di ban, terutama karet-2nya masih elastis atau kering/pecah-2? Segera ganti jika sdh kering/pecah-2.
Ps: ogut pake canvas merk Nissin (dus biru), rp. 190rb/set
B. Belakang
A.3. Solusi
- ngilangin bunyi 'bletog' jika kita habis 'nge gentak' kopling dr gigi 1 s/d 3:
Ganti semua karet bushing yg gede yg nempel persis dibawah dek sejajar dgn tekukan ujung pintu belakang.
Harga: 150rb/pcs (ori/Kw1), 130rb/pcs kw2. Disarankan ganti yg ori aja, ada label hondanya. Bentuknya spt gangsingan jawa.
Fungsi: menjaga kestabilan dan aerodinamis toe dan angle ayunan per-shock, dan
wing arm. Penting bgt diganti kalo sdh kering apalagi pecah- pecah.
- cek/ganti segera jika karet-2 di strutbar/ arm wing sdh pecah-2. Jangan diganti karetnya..kalau bisa ganti satu set sm wing-2nya kalo punya dana ok (harga 125rb/set ori Honda).
U/ karet arm wing ini, memang lebih murah diganti karet-2nya doang (rp. 25rb x 4 sisi), tapi 3-6 bln kedepan (tergantung volume pemakaian), jangan marahin montir-nya..karena, pegangan u/ memasukkan karet-2 tsb sdh aus, logikanya, fungsi kerja karet tsb malah jadi tambah berat dr sebelumnya karena sdh tdk presisi lagi pegangannya tsb.
Fungsi: menjaga kelembutan ayunan shock breaker dan per blkg.
- ganti/cek semua karet-2 stabilizer (karet kecil-2 diameter seukuran bakso kecil) yg nempel disetiap lengan ayun yg berhubungan dengan shock . Ada 4 pcs per sisi, total 8 pcs, harga rp. 25rb/pcs x 8pcs,
Fungsi: biar ngk keras bantingannya jika kena lobang-2 kecil/poldur dan ngk 'rame' didaerah kabin blkg.
- ini nih..penting: ganti aja semua karet bushing..jika ada dana lebih..ganti juga shock breaker blkg dan stel per-2nya juga biar lebih abdoi.
Ogut pake shock blkg merk HRC, rp. 650rb/set.
Alhamdulillah, sekarang, ogut makin cinta sm GC ogut...lembut abizzz...tapi, dompet gw? Masuk 'I.C.U'...xixixixi...
intinya: semua kondisi kaki-2 dan mesin mubil, umumnya 'masih sehat' s/d 5 thn pertama JIKA usernya 'rajin dan cermat' sama asetnya.
So, GC kita? Pastinya yg paling muda umurnya sdh 19 thn..nah, kalo yg punya emang bener-2 tangan pertama, trus baru skrg-2 ini mo jual, insya Allah, org tsb mestinya sadar u/ menjaga 'kesehatan' gc-nya.
Tapi, kalo di bpkb, gc kita sdh 'kaya jablay'? Kembali ke si pembeli mo punya visinya apa dulu? Harus 'siap-siaga' u/ ngk bosen ketemu sama montir kalo niat pake, tapi, kalo mo niat jual (pdg/pedagang), biasanya, 'cuma ngebedakin' doang...so, be wise!
Tq ya atensinya..semoga membantu info ini buat temans-temans..dah ah..capek ngetiknya!
[Post made via Mobile Device]
![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)