coba mbantu biar paham dan ga gampang dikibulin kaya saya
yang namanya freon mulai dari r12-r134a semuanya adalah zat cair
yg punya titik didih di bawah 0 derajat Celcius kira2 di kisaran −29.8 °C.
Jadi klo suhunya di atas itu misal -18°C, itu freon akan menjadi gas dari wujud aslinya cair.
Karakteristik inilah yg dimanfaatkan dalam sistem pendingin.
Freon yg cair, dialirkan sedikit demi sedikit lewat expansion valve yg letaknya persis sebelum evaporator.
Sesuai dengan namanya evaporator, disinilah proses pendinginan suhu yang sebenarnya.
Udara sirkulasi kabin disedot dan ditiup oleh blower melewati evaporator yang bentuknya seperti radiator.
Karena perbedaan suhu kabin dan freon cair, maka freon akan menguap/mendidih.
Gas freon tadi disedot oleh kompresor untuk dirubah wujudnya menjadi cair.
Begitu seterusnya sampai kompresor dimatikan.
Untuk menjaga wujud freon tetap cair sampai ke tujuannya, yaitu sebelum expansion valve,
maka tekanan/pressure harus dijaga diatas 960kPa pada suhu kamar 40°C.
Untuk suhu di atas 40°C seperti suhu ruang mesin maka dibutuhkan tekanan yang lebih besar.
Resikonya dengan tekanan yang besar, kerja kompresor jadi berat.
Untuk menjaga suhu di bawah 40°C maka dibutuhkan sistem pendingin yang namanya condensor + kipasnya.
Apa fungsi expansion valve??
Fungsinya adalah untuk menjaga tekanan yang dibutuhkan freon untuk tetap menjadi zat cair.
kenyataan:
- jangan berlebihan mengisi freon, apabila berlebih, freon yang menuju kompresor masih akan berwujud cair, sehingga kompresor akan rusak karena bekerja menekan zat cair.
- Suhu pipa ac setelah kompresor yg menuju expansion termasuk di bagian condenser, diusahakan tidak terpapar panas, karena semakin rendah suhunya, semakin ringan kerja kompresor karena pressure yang dibutuhkan lebih rendah.
- mengapa bahaya ada air di sistem AC? sama seperti berlebih mengisi freon, adanya air di sistem AC akan merusak kompresor karena bekerja menekan zat cair. itulah kenapa dibutuhkan dryer yang berfungsi untuk menangkap air yang berkeliaran di jalur AC.
- saat mengisi freon hendaklah tekanan suction dan releave di ukur sesuai dengan spek freon tsb. Utk GC yg menggunakan r12 tabel pressure ada di manual. jangan lupa cek tabel kesesuaian suhu dan tekanan.
- nda ada hubungannya ngerokok merusak system AC, karena AC adalah closed system. Kecuali filter evaporator yg bau asep rokok. Sementara di GC nda ada filter blas.
semoga berguna...